Survei Polling: Gen Z dan Milenial Gandrungi Prabowo, Kaum Tua Sukai Ganjar

Presiden Jokowi bersama dengan Prabowo dan Ganjar
Sumber :
  • Istimewa

Surabaya, VIVA JatimPolling Institute merilis hasil surveinya yang dilakukan melalui sambungan telepon terhadap 1.201 responden dalam kurun waktu 21-25 Agustus 2023, dengan klaim tingkat kepercayaan 95 persen. Hasilnya, bakal capres Prabowo Subianto unggul di kalangan Gen Z dan milenial, sementara Ganjar Pranowo digandrungi kaum tua.

Golkar Siapkan Menantu Pakde Karwo Jadi Penantang Eri Cahyadi di Pilwali Surabaya

Peneliti Polling Institute, Kennedy Muslim, menjelaskan, kesimpulan tersebut diperoleh berdasarkan hasil survei lembaganya pada kategori pemilihan presiden menurut demografi. Berdasarkan data, di kalangan responden berusia 21 tahun Prabowo mampung mendulang angka 44,3 persen.

Sementara untuk responden berusia 22 – 25 tahun, Prabowo berada di angka 43,3 persen. Begitu juga di kalangan responden berusia 26 – 40 tahun, Ketua Umum DPP Gerindra itu merajai dengan perolehan angka 38,4 persen. 

Usai PDIP, Eri Cahyadi akan Daftar Bacawali ke Partai Lain

Sementara, papar Kennedy, untuk Ganjar Pranowo berada di posisi kedua dengan perolehan 36 persen di kalangan responden berusia 22 – 25 tahun. Sedangkan untuk responden usia 26 – 40 tahun, bakal capres yang diusung PDIP itu juga berada di posisi kedua dengan perolehan 31,4 persen.

Sebaliknya, untuk responden usia 41 – 55 tahun, Ganjar justru merajai dengan angka 31,6 persen. Bandingkan dengan Prabowo yang memperoleh suara di bawahnya, yakni 28,8 persen. Ganjar juga mengungguli Prabowo di kalangan responden usia 55 ke atas dengan perolehan 34,7 persen.

Pilwali Surabaya, Eri Cahyadi-Armuji Resmi Daftar ke PDIP

Kesimpulannya, papar Kennedy, Prabowo unggul di kalangan Gen Z dan milenial. “Sedangkan Ganjar cukup merata dukungannya, meskipun juga ada bias di kalangan pemilih tua,” katanya dalam keterangannya dikutip VIVA Jatim dari VIVA, Senin, 11 September 2023. 

Sementara itu, peneliti politik Indonesia dari Harvard University, Seth Soderborg, menerangkan, tren peningkatan keterpilihan Prabowo di kalangan Gen Z dan generasi milenial itu terlihat setelah Pilpres 2014. Mereka kebanyakan dari kalangan yang lahir tahun 1997.

Halaman Selanjutnya
img_title