Relawan Ganjar Jatim Perkuat Ekonomi Nelayan dengan Menjaga Ekosistem Laut

Komunitas Nelayan Pesisir Jawa Timur
Sumber :
  • Nur Faishal/Viva Jatim

Jatim – Indonesia merupakan negara dengan kekayaan maritim yang demikian besar. Ekosistem lautnya mampu menyuplai kebutuhan pokok masyarakat, bahkan menjadi sumber mata pencaharian bagi mereka yang hidup di wilayah pesisir. Potensi tersebut disadari betul oleh Komunitas Nelayan Pesisir Jawa Timur.

Nuzulul Quran, Pj Gubernur Jatim Ajak Gemar Tadarus hingga Bagikan Umrah Gratis

Relawan Ganjar Pranowo itu pun mengajak para pelaut di wilayah Pesisir Pantai Desa Sumberanyar, Paiton, Probolinggo melakukan kegiatan positif bersih-bersih pantai dan memberikan jaring sebagai alat tangkap, Selasa, 28 Februari 2023.

Koordinator Wilayah Komunitas Nelayan Pesisir Jawa Timur yang diwakili Koordinator Lapangan Kabupaten Probolinggo, Abdul Kahar mengatakan aksi itu dilakukan untuk menjaga kebersihan pantai, ekosistem laut, dan melestarikan sumber dayanya. 

Baru 35 Persen Kapal Nelayan Prigi Trenggalek yang Kantongi Izin

Sebab, Kabupaten Probolinggo merupakan salah satu daerah di Jawa Timur yang memiliki potensi sumber daya kelautan dan perikanan yang cukup beragam. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Probolinggo dalam angka pada tahun 2022, produksi perikanan tangkap daerah itu mencapai 28.187,69 ton.

"Tujuannya (kegiatan ini) ya untuk menjaga ekosistem laut kita seperti ikan, ataupun udang, bahkan yang lainnya seperti terumbu karang juga ya," kata Abdul.

Nelayan Enggan Gunakan Jaket Keselamatan saat Melaut karena Ribet

Abdul meminta upaya merawat, menghargai, dan menjaga laut beserta ekosistemnya dapat menjadi perhatian bersama demi menyelamatkan bumi serta melestarikan sumber dayanya agar bisa dinikmati secara berkelanjutan.

Sumber daya laut memberikan banyak manfaat untuk manusia sehingga rusaknya ekosistem tersebut akan berdampak pada kehidupan manusia.

Halaman Selanjutnya
img_title