RI Kembali Calonkan Diri Sebagai Dewan HAM PBB Periode 2024-2026

Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi
Sumber :
  • Viva

JatimMenteri Luar Negeri Retno Marsudi menyampaikan bahwa Indonesia kembali mencalonkan diri sebagai anggota Dewan HAM PBB periode 2024-2026. Hal ini ia sampaikan saat menghadiri Sidang Dewan HAM PBB ke-52 di Jenewa, Swiss, pada Senin, 27 Februari 2023. 

Menlu RI Retno Walk Out di PBB Gegara Pidato Dubes Israel, Ini Isinya

Tema yang diusung pada pencalonan Indonesia sebagai Dewan HAM adalah "Inclusive Partnership for Humanity", yang bertujuan untuk menegaskan kembali komitmen Indonesia atas penegakan Hak Asasi Manusia (HAM).

"Dalam pertemuan saya sampaikan bahwa Indonesia mencalonkan diri sebagai Anggota Dewan HAM PBB periode 2024-2026 dengan mengangkat tema Inclusive Partnership for Humanity," katanya, saat press briefing, yang disiarkan melalui Youtube, pada Selasa, 28 Februari 2023. 

Retno Marsudi Optimis Indonesia Tetap Dibutuhkan Masyarakat Dunia pada Tahun 2024

"Dan saya meminta dukungan dari semua negara terhadap pencalonan tersebut," imbuhnya 

Menlu RI mengajak semua negara untuk memperkuat komitmen terhadap penegakan hak asasi manusia. "Peringatan 75 tahun Deklarasi Universal Hak Asasi Manusia harus jadi momentum untuk memperteguh komitmen terhadap penegakan HAM, dan tidak boleh membuat perhatian terhadap kondisi HAM dunia menjadi terpecah," ujarnya dalam sidang Dewan HAM PBB.

KTT ASEAN 2023 Digelar Hari Ini, Berikut Sejumlah Isu yang Dibahas

Menurut Retno, Penghormatan terhadap HAM adalah syarat mutlak untuk terciptanya perdamaian dan stabilitas. "Kita harus menghentikan perang dan konflik," ungkap Retno. 

Secara khusus, dia menyatakan bahwa dunia tidak boleh menutup mata terhadap penderitaan rakyat Palestina, menyusul insiden di Huwara baru-baru ini yang menunjukkan bahwa situasi HAM dan kemanusiaan di Palestina semakin memburuk.

Halaman Selanjutnya
img_title