Konflik Militer Bersenjata Memanas, Mentri Luar Negeri Indonesia Siap Evakuasi WNI dari Sudan

WNI di Sudan mendapatkan bantuan logistik dari KBRI
Sumber :
  • Viva.co.id

JatimMenteri Luar Negeri, Retno Marsudi, menyatakan bahwa pemerintah sedang bersiap mengevakuasi warga negara Indonesia (WNI) dari Sudan, yang dilanda konflik militer bersenjata sejak 15 April 2023 kemarin. 

Rusia Klaim 10 WNI jadi Tentara Bayaran untuk Ukraina, Kemenlu RI Buka Suara

Hal itu disampaikan Retno ketika menyampaikan pengarahan media secara daring, Kamis, mengenai perlindungan WNI di Sudan. 

“Persiapan evakuasi terus dimatangkan sambil menunggu saat yang tepat untuk bisa melakukan evakuasi dengan tetap mempertimbangkan keselamatan WNI,” tuturnya.

Soal Tuduhan Kecurangan Pemilu 2024, Begini Respons Ketua KPU RI

Menlu Retno mengungkapkan bahwa sehari setelah pertempuran terjadi di Sudan, yaitu pada 16 April 2023, Kementerian Luar Negeri dan KBRI Khartoum mengadakan pertemuan virtual dengan para WNI dan berbagai organisasi masyarakat Indonesia di Sudan guna membahas perkembangan terkini mengenai situasi keamanan dan menjelaskan langkah-langkah kontijensi. 

Menlu Retno juga telah memimpin langsung rapat koordinasi persiapan evakuasi dengan lima perwakilan Indonesia di luar negeri yang ada di Khartoum, Kairo, Riyadh, Addis Ababa, dan Jeddah. 

Menlu RI Retno Walk Out di PBB Gegara Pidato Dubes Israel, Ini Isinya

Namun, ia menegaskan bahwa evakuasi hanya bisa dilakukan jika kedua pihak yang berkonflik, yaitu tentara Sudan (SAF) dan paramiliter Pasukan Dukungan Cepat (RSF), menyetujui adanya jeda kemanusiaan. 

“Jeda kemanusiaan akan menjadi kunci bagi pelaksanaan evakuasi dan keberlanjutan bantuan kemanusiaan,” tutur Retno.

Halaman Selanjutnya
img_title