Uji Kelayakan dan Kompetensi, Cara PKB Jatim Gali Potensi Bacaleg

Uji Kompetensi dan Kelayakan Bacaleg PKB Jatim
Sumber :
  • A Toriq A

Jatim – DPW PKB Jawa Timur menggelar uji kelayakan dan kompetensi (UKK) bagi bakal calon legislatif (Bacaleg) tingkat DPRD Provinsi Jawa Timur, Kamis 9 Maret 2023. 

PMII Jatim Nilai Rekonsiliasi Prabowo dan Cak Imin Wujud Sifat Negarawan Sejati

Tercatat ada 150 bacaleg yang diwawancara oleh tim penguji  DPW PKB Jatim yang terdiri dari unsur internal partai, unsur NU dan akademisi, seperti Suko Widodo dari Universitas Airlangga, Prof Masdar Hilmy mantan Rektor Universitas Islam Negeri Sunan Ampel serta Fauzan Alfas dari Arsiparis NU. 

Wakil Ketua DPW PKB Jatim, Hikmah Bafaqih mengatakan, pengujian ini untuk menyakinkan kembali bahwa para bacaleg yang mendaftar sudah siap dengan visi dan misi yang dibawanya untuk menjadi wakil rakyat. Dan yang lebih penting siap dalam segi administrasi dan strategi dalam merebut kursi di parlemen Jatim. 

Mendaftar ke PKB dan PDIP, Bunda Fitri Siap Maju di Pilkada Sumenep

"Ini untuk menegaskan kembali dokumen fisik yang ia sertakan, menggali sesungguhnya dilapangan mau seperti apa kerja-kerja yang direncanakan," ujarnya.

Lebih dari itu, anggota Fraksi PKB DPRD Jatim ini mengatakan, para bacaleg juga akan di gali potensi mereka di dapilnya masing-masing. Orang-orang yang menjadi bacaleg PKB mempunyai tugas khusus, bukan hanya sukses menduduki kursi DPRD Jatim, tapi juga sukses dalam menambah kursi. Hal yang sama ia katakan sudah dilakukan DPP serta DPC PKB. 

AHY Ingatkan Hal Ini ke Prabowo Usai Bertemu Cak Imin Ketum PKB

"Bagi PKB hari ini betul-betul menghitung harus menghitung kursi. Hitungannya harus presisi, kita tidak ngomong suara, tapi ngomong kursi," kata Ketua Perempua  Bangsa Jatim ini. 

Wakil Ketua Komisi E DPRD Jatim ini mengaku, UKK kali ini banyak diisi bacaleg dari kalangan milenial yang masih fres. Ia yakin, banyaknya kaum milenial yang mendaftar menjadi bacaleg PKB adalah suatu keuntungan untuk menaikkan angka suara yang diperoleh saat pemilihan nanti, karena kaum milenial menjadi penentu tingginya suara yang akan didapatkan PKB. 

Halaman Selanjutnya
img_title