Kapal Nelayan Pecah Tertabrak Kapal Kargo, 15 ABK Diselamatkan Tim SAR Gabungan di Perairan Tuban

Tim SAR Gabungan saat menolong 15 ABK akibat kapal tertabrak
Sumber :
  • Nur Faishal/ Jatim Viva

Jatim –Musibah kecelakaan kapal terjadi di perairan Pantai Semilir Tuban, Minggu, 12 Maret 2023. Kapal nelayan dengan jumlah ABK 15 orang tersebut tertabrak oleh kapal kargo hingga mengakibatkan kapal nelayan pecah

Beraksi Dua Kali, Pelaku Begal Payudara Ditangkap Polisi

Tim SAR gabungan yang mendapatkan informasi tersebut segera melakukan persiapan untuk melaksanakan  pertolongan terhadap 15 korban

Diketahui rincian korban akibat kecelakaan tersebut 1 orang korban mengalami cedera tulang belakang, 2 korban cedera alat gerak, 1 orang korban tidak ada nadi dan nafas, sedangkan korban yang lain berusaha berenang dengan keadaan panik.

Penambang Pasir yang Tenggelam di Sungai Bengawan Solo Bojonegoro Ditemukan Tewas

Pertolongan oleh tim SAR gabungan dilakukan menggunakan satu perahu karet yang segera mendekati ABK yang dalam posisi telungkup dicurigai cedera tulang belakang. Korban kemudian di evakuasi dengan teknik packing patient menggunakan LSB dolphin. 

Perahu karet tim SAR yang lain segera mendekati korban dengan teknik mendayung. Kemudian para ABK lain diselamatkan oleh para rescuer dengan cara melemparkan alat apung maupun berenang. 

Tim SAR Gabungan Temukan Sumiati Tewas di Sungai Brantas Blitar

Sebelumnya, Kantor Pencarian dan Pertolongan (SAR) Surabaya melaksanakan skenario simulasi Pelatihan Potensi Teknik Pertolongan di Air. Simulasi ini merupakan puncak dari agenda kegiatan Pelatihan Potensi yang diadakan di Tuban sejak pembukaan hari Senin, 06 Maret 2023 hingga ditutup oleh Kepala Kantor SAR Surabaya, M. Hariyadi, S.Sos., pada Minggu,12 Maret 2023. 

Seluruh peserta sebanyak 50 orang dinyatakan lulus. Diantaranya terdapat 5 orang lulus dengan kategori yang sangat memuaskan. M. Zaenal Arifin, S.Pd., M.Si., Kepala Seksi Sumber Daya Kantor SAR Surabaya mengatakan kategori dalam pelatihan potensi tersebut sebagai bentuk apresisasi kepada peserta yang dapat melalui seluruh penilaian selama pelatihan dengan sangat baik.

Halaman Selanjutnya
img_title