Mengenal Metode Hafalan Alquran Habituasi yang Diapresiasi Khofifah

Khofifah saat menghadiri Wisuda Hafidzah V Ponpes Hamalatul Quran
Sumber :
  • Nur Faisal/Viva Jatim

Jatim – Pondok Pesantren Hamalatul Quran Putri menggelar Wisuda Hafidzoh V. Rabu, 16 Maret 2023 di Jogoroto, Jombang. Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa yang hadir mendampingi Wakil Presiden RI KH Ma'ruf Amin mengapresiasi metode hafalan Alquran Habituasi yang diterapkan di pesantren tersebut.

Khofifah Dianugerahi Satylancana Karya Bhakti Praja Nugraha, Satu-satunya untuk Gubernur

Metode Habituasi menjadikan para santri di seluruh cabang pondok Hamalatul Quran yang tersebar di Kediri, Jombang, dan Surabaya rata-rata dapat menghafal 30 juz Alquran dalam 3-6 bulan saja.

"Jadi menurut mereka, ada lima tahapan yang digunakan sejak awal rekrutmen santri. Yang pertama, tes hafalan. Artinya, akan dilihat berapa banyak hafalan yang sudah dimiliki," ujar Khofifah, dalam keterangan yang diterima Viva Jatim, Kamis, 16 Maret 2023.

Khofifah Optimis Putusan MK akan Menangkan Prabowo-Gibran

Kemudian yang kedua adalah kemampuan membaca dengan tajwid dan makharijul huruf yang benar. Berikutnya, kemampuan menghafal calon santri juga akan diuji. Di mana, masing-masing mereka akan diberikan satu halaman acak dalam Alquran dan harus menghafalnya dalam waktu 30 menit.

Setelahnya ada tes wawancara untuk melihat motivasi santri. Dari sana, akan terlihat seberapa besar tekad yang mereka miliki untuk menghafal.

IKA Unair Chapter Australia Diresmikan, Jadi yang Kelima di Luar Negeri

"Kalau sudah masuk, barulah akan masuk pada proses habituasi. Jadi santri dibiasakan untuk membaca 7 juz per hari, sehingga bisa khatam setiap 4-5 hari. Kalau sudah begini, ngelindur pun para santri ini tetap melafadzkan Alquran," tuturnya.

Menurut Khofifah, metode menghafal Alquran semacam ini dapat diimplementasikan untuk mereka yang ingin menjadi hafidz hafidzoh. Mengingat, cara tersebut sudah dibuktikan oleh Hamalatul Quran.

Halaman Selanjutnya
img_title