Hadirin Sempatkan Ziarah ke Maqbarah Muassis Pondok Lirboyo saat Puncak NU Award PWNU Jatim

Suasana makam Masyayikh Pondok Lirboyo Kediri
Sumber :
  • Madchan Jazuli/ Jatim Viva

Jatim –Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur menutup serangkaian Peringatan Satu  abad NU di Pesantren Hidayatul Mubtadiien, Lirboyo, Kota Kediri

Profil Bupati Sidoarjo Tersangka KPK: Putra Wakil Rais Syuriah NU Jatim, Punya Harta Rp4,7 M

Pantauan Viva Jatim, banyak rombongan dari berbagai daerah menyempatkan untuk berziarah ke muassis pondok yang berdiri sejak 1910 silam.

Salah satu peziarah tersebut adalah Sekretaris Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Ketapang, Kabupaten Sampang, Abdullah Azkiya'. 

Jelang Ramadan, Pedagang Bunga di TPU Ngagelrejo Surabaya Ketiban Berkah Dadakan dari Peziarah

Ia mengungkapkan, sebagai warga  NU merasa sudah menjadi kewajiban apalagi menjadi santri untuk menghargai guru-guru dan masyayikh. Pasalnya, jasa-jasa masyayikh NU besar bagi ummat. Termasuk masih memegang teguh adanya berkah.

"Kita sampai di Lirboyo kemudian kalau tidak ziarah itu seperti sudah nyampe di rumah tetapi tidak sowan ke orang tua," ungkap Abdullah Azkiya', Sabtu 18 Maret 2023.

Tradisi Nyekar Jelang Ramadan, Makam di Surabaya Penuh Peziarah

Abdullah mengaku, nahdliyyin akan terus melanjutkan tradisi yang baik untuk tetap berkesinambungan. Tidak hanya momen di Pondok Lirboyo acara puncak NU Award PWNU Jawa Timur, melainkan di berbagai acara di ma'had, ada masyayikh wafat pasti berziarah.

"Kita mengenang jasa beliau dan ingin mengharap berkah dari para masyayikh. Karena kita seperti ini berkat jasa jasa beliau para alim alama di Tanah Jawa," bebernya.

Halaman Selanjutnya
img_title