Pengamat: Risma Lawan Berat Khofifah di Pilgub Jatim Jika Gandeng Wakil Sekaliber Emil

Pengamat politik Mochtar W Oetomo
Sumber :
  • VIVA Jatim/Mokhamad Dofir

Jatim – Pengamat politik Moechtar W Oetomo menilai, Tri Rismaharini bisa menjadi lawan berat Khofifah Indar Parawansa di Pemilihan Gubernur Jawa Timur (Pilgub Jatim) 2024 apabila berpasangan dengan tokoh sekaliber Emil Elistianto Dardak.

Tim Pemenangan Risma-Gus Hans Dibentuk, Hasto: Ada Cawe-cawe Penguasa di Pilkada Jatim

"Kalau mau mengimbangi Khofifah-Emil, maka pasangan Risma harus orang fresh, orang yang kira-kira bisa menandingi Emil. Apakah itu dalam sisi kualitas, apakah itu dalam sisi popularitas dan usia," ujar Mochtar usai mengisi acara talkshow yang digelar Writerhood The Agent di Surabaya, Kamis, 18 Juli 2024.

Moechtar menyebut, banyak figur tanah air sekelas Emil yang bisa dipasangkan dengan Risma untuk memperkuat posisi menghadapi pasangan petahana di Pemilihan Gubernur Jawa Timur 2024.

Risma Ingin Posko Jadi Tempat Tampung Aspirasi Masyarakat

"Dan itu sebenarnya bisa dicari, karena Pilkada [Pemilihan Gubernur] di Indonesia tidak harus warga Jawa Timur," lanjut Dosen Universitas Trunojoyo tersebut.

Namun, kata dia, semua tergantung komunikasi antara PKB, PDI Perjuangan, Partai NasDem yang hingga saat ini belum menentukan arah dukungan di Pilgub Jatim 2024.

Presiden Jokowi sudah Teken Surat Mundur Mensos Risma

"Kalau wakilnya Kiai Marzuki, atau tokoh-tokoh senior menurut saya berat [menghadapi Khofifah]," tutupnya.

Untuk diketahui, pasangan Khofifah Indar Parawansa-Emil Elestianto Dardak sudah dipastikan akan melenggang di Pilgub Jatim 2024 usai keduanya mengantongi sedikitnya tujuh dukungan partai politik,

Halaman Selanjutnya
img_title