Megawati Sebut Masyarakat Lebih Suka Kepala Desa yang Banyak Harta, Begini Katanya

Ketua Dewan Pengarah BPIP, Megawati Soekarnoputri
Sumber :
  • Viva.com

Jatim –Ketua Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Megawati Soekarnoputri mengatakan masyarakat lebih suka kepala desa yang memiliki banyak harta

Tindak Pidana Korupsi Dua Kades di Tulungagung Ini Rugikan Negara Rp 1,3 Miliar

Hal tersebut disampaikan Megawati saat menghadiri acara peringatan 9 Tahun Undang-undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa di kawasan Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Minggu, 19 Maret 2023. 

Mulanya, Megawati menjelaskan dirinya suka blusukan untuk bertemu dan mengobrol dengan warga desa jelang pemilihan kepala desa (kades). Saat itu, Megawati iseng bertanya tentang siapa sosok yang akan dipilih menjadi kades.

Said Abdullah Bocorkan Rencana Pertemuan Megawati dengan Prabowo

Saat itulah, Presiden RI ke-5 itu menemukan fakta bahwa banyak warga yang lebih menyukai sosok calon kades jika mereka memiliki banyak harta. 

"Kalau lagi mau ada pemilihan (kades), ibu suka nongkrong, pengin tahu. Eh yang dipilih siapa. Nah orang-orang pada bilang, 'Tapi Bu, ada tiga calon. Padahal kita senangnya Pak A, iya tapi yang Pak C itu wah banda-nya (hartanya) wakeh (banyak) Bu'," kata Megawati di kawasan GBK, Minggu, 19 Maret 2023.

Gus Baha Ungkap Kunci Hidup Bahagia, bukan Harta maupun Tahta

Di depan ribuan kades, Megawati lantas menanyakan kebenaran terkait fakta itu. Ia pun berpesan pada para kades untuk berhenti menggunakan uangnya demi mendapatkan suara dan maju sebagai kepala desa. 

"Hayo, jangan bohong loh. Itu fakta di lapangan, saya tahu loh. Benar atau tidak? Kurang banyak yang teriak, hayo? Sudah berhentilah, jangan dilakukan itu," tuturnya.

Halaman Selanjutnya
img_title