Direktur Pabrik Baja Pengemplang Pajak di Mojokerto Dituntut 3,5 Tahun Penjara dan Denda Rp 5 M

Terdakwa Ronny Widharta memakai baju warna putih
Sumber :
  • M. Lutfi Hermansyah/Viva Jatim

JatimRonny Widharta (43), Direktur pabrik baja PT Sumber Pembangunan Abadi di Mojokerto dituntut jaksa penuntut umum (JPU) 3 tahun 6 bulan penjara dalam perkara dugaan pengemplangan pajak

Pelajar di Mojokerto Sebar Video Intim Mantan Pacar Dituntut 2 Tahun Pembinaan

Ia dihadirkan secara langsung dalam sidang yang digelar di ruang Cakra Pengadilan Negeri (PN) Mojokerto pada Selasa, 21 Maret 2023. Di hadapan majelis hakim, JPU Geo Dwi Novrian membacakan langsung surat tuntutannya. 

Dalam tuntutannya, JPU meyakini bahwa Ronny telah terbukti secara sah dan meyakinkan melakukan tindak pidana di bidang perpajakan, sebagaimana diatur  Pasal 39 Ayat 1 huruf d atau Pasal 39 Ayat 1 huruf i UU Nomor 7/2021 Tentang Harmonisasi Peraturan Perpajakan. 

Tukang Batu di Mojokerto Diadili Gegara 2 Kali Cabuli Anak Tetangga Berusia 10 Tahun

Selain pidana penjara 3 tahun 6 bulan, JPU juga menuntut majelis hakim agar menjatuhkan pidana denda sebesar Rp 5 miliar subsider 6 bulan pidana penjara. 

Bila mengacu persidangan, terdakwa Ronny diduga tidak melaporkan dan tidak membayar pajak terutang sebanyak Rp 2,5 miliar pada periode Januari-Februari dan Mei-Desember 2013. Sebagai Direktur, RW seharusnya membayar pajak dari setiap transaksi penjualan produk baja. Besaran PPN yang harus disetorkan ke negara 10 persen dari nilai penjualan.

Ayah Kandung Hamili Putrinya Dituntut 17 Tahun Penjara dan Denda Rp 1 Miliar

Setelah mendengar tuntutan dari JPU, kuasa hukum terdakwa, Fauzi Zuhri Wahyupradika, menyatakan mengajukan pledoi atau nota pembelaan. Ketua Majelis Hakim  Jenny Tulak pun mengetuk palu tanda melakukan skors pada proses persidangan. Persidangan akan dilanjutkan pada Selasa, 28 Maret 2023. 

"Kita tetap akan melakukakn pledoi. Sebetulnya ini perbuatan perdata kurang bayar pajak, bukan pidana," katanya kepada wartawan usai persidangan. 

Halaman Selanjutnya
img_title