Hari Pertama Puasa, Lakukan Hal Ini untuk Cegah Dehidrasi Tubuh

Ilustrasi Dehidrasi
Sumber :
  • Istimewa

Jatim – Pemerintah Republik Indonesia, melalui Kementerian Agama telah menetapkan bahwa Puasa Ramadan 1444 Hijriyah jatuh pada Kamis, 23 Maret 2023. Untuk itu, umat Islam di tanah air menjalankan ibadah puasa mulai hari ini. Akan berlangsung hingga satu bulan ke depan. 

Ribuan CJH Asal Surabaya Ikuti Bimbingan Manasik Massal di UINSA

Biasanya, di hari-hari pertama puasa, tidak jarang orang yang merasa letih dan haus berlebih. Tentu karena kondisi tubuh belum beradaptasi dengan pola makan dan minum yang berbeda dari sebelumnya. Namun seiring berjalannya waktu, tubuh akan terbiasa dengan sendirinya. 

Kendati demikian, salah satu tantangan yang seringkali dihadapi di awal-awal puasa, atau bahkan sepanjang puasa, adalah rasa haus. Tak jarang pula, tubuh terasa lemas dan dehidrasi karena kekurangan cairan dalam tubuh. 

Simak Syarat dan Ketentuan Bantuan Pendidikan Islam dan Pesantren Kemenag RI

Dehidrasi adalah kondisi di mana tubuh kehilangan terlalu banyak cairan sehingga menyebabkan ketidakseimbangan elektrolit yang mengganggu fungsi normal tubuh. Dehidrasi terjadi ketika tubuh kehilangan lebih banyak cairan daripada yang masuk ke dalam tubuh, atau ketika tubuh tidak mampu mempertahankan cairan yang cukup untuk memenuhi kebutuhan fisiologis.

Beberapa gejala dehidrasi yang umum terjadi selama puasa termasuk mulut kering, sakit kepala, lelah, pusing, sulit berkonsentrasi, detak jantung yang cepat, kulit kering, dan urin yang gelap.

Usai Puasa dan Lebaran, Waktunya Cobain Gaya Seks Baru!

Kita tentu tak ingin hal ini terjadi pada diri kita, bukan? Nah, yuk simak beberapa tips untuk mencegah dehidrasi saat berpuasa, dilansir dari VIVA pada Kamis, 23 Maret 2023: 

Penuhi Kebutuhan Air

Halaman Selanjutnya
img_title