Anggota KPU Sebut Hanya 32.67 Persen Anak Muda Percaya kepada Partai Politik

Ilustrasi Kepercayaan terhadap Partai Politik
Sumber :
  • Viva.com

Jatim –Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU), August Mellaz mengaku khawatir atas masih rendahnya indeks kepercayaan kalangan muda terhadap partai politik (parpol), yaitu sebesar 32,67 persen. 

PPP Tak Lolos Parlemen, PDIP Jatim Respon Begini!

Hal tersebut disampaikan dalam Webteen Literasi Digital "Jadilah Pemilih Pemula Cerdas", Sabtu, 1 April 2023. 

Data tersebut, menurut August, terlihat dari hasil survei Indikator Politik Indonesia pada 2021 yang menunjukkan kepercayaan anak muda terhadap lembaga partai politik (parpol) terlihat rendah. 

Sukses Menangkan Prabowo-Gibran, TKD Jatim kini Siap Bantu Khofifah di Pilgub 2024

“Hanya tercatat 32.67 persen anak muda percaya kepada partai politik. Inilah yang dikhawatirkan: generasi milenial dan Z ini melek teknologi tapi apatis terhadap politik,” kata August.

Dia menilai, pemilu menjadi momentum penting karena setiap negara di dunia membutuhkan regenerasi siklus kepemimpinan. Menurut dia, pemilu dapat menjadi sarana bagi masyarakat untuk menyampaikan mereka sebagai pemilik hak suara.

Hasil Pilpres telah Diumumkan, PBNU Serukan Semua Pihak Kembali Bersatu

"Pergantian siklus kepemimpinan ini adalah hal yang biasa. Bahkan adik-adik pemilih pemula yang saat ini menjadi pemirsa acara ini di mana ada dua hingga empat periode pemilu selanjutnya akan berganti memegang tampuk kekuasaan dalam mengelola negara,” ujarnya.

Ia menjelaskan dominasi jumlah pemilih dari kalangan generasi milenial pada 2024 telah menunjukkan bahwa kaum muda adalah pemangku kepentingan yang sesungguhnya. Karena itu, dia menyarankan agar pemilih muda memilih pemimpin yang sesuai dengan kepentingan dan kebutuhan generasi milenial serta generasi Z

Halaman Selanjutnya
img_title