Jelang Idul Fitri, Stok Pangan di Jatim Dipastikan Aman dan Harga Terjangkau

Kepala Bidang Badan Karantina Pertanian Nasional, Bambang
Sumber :
  • Viva Jatim/Nur Faishal

Jatim – Kepala Badan Karantina Pertanian Nasional, Bambang memastikan, kebutuhan pangan tidak ada hambatan secara nasional.

Minim Pendonor, Stok Darah di PMI Tuban Menipis

Menurutnya, seluruh ASN juga wajib mengawal seluruh kebutuhan pangan agar tidak ada persoalan. 

Jelang Idul Fitri, masyarakat memang kerap mengeluhkan harga dan stok pangan di pasaran. Mulai dari kebutuhan pokok sukar ditemui atau langka, hingga harga yang meroket sekali pun.

Menilik Sejarah dan Makna Lebaran Ketupat, Sudah Ada Sejak Era Wali Songo

Akan tetapi, Bambang memastikan stok pangan cukup dan harga terjangkau. "Alhamdulillah, di Surabaya juga jadi barometer ekonomi negara dan memang kebanyakan (komoditas) dari Jatim, hari ini stok pangan cukup dan harga terjangkau.”

“Mudah-mudahan, produksinya berlimpah, bukan karena daya beli masyarakat yang menurun di, sisi lain dampak COVID-19 sudah relatif pulih, sehingga tidak berdampak ke masyarakat, terutama saat jelang Idul Fitri," kata Bambang saat ditemui di Kantor Balai Karantina Pertanian Tanjung Perak Surabaya, Rabu 5 April 2023.

7 Langkah Jitu dan Mudah Turunkan Berat Badan Usai Lebaran

Walaupun, lanjut Bambang, masih ada persoalan-persoalan terkait penyakit PMK, setahun hampir tuntas dan landai. Jadi, harus kolaborasi dan dipikirkan bersama, terutama yang terjadi di pelabuhan Tanjung Perak.

Bambang menjelaskan, untuk hewani, masih bisa dipenuhi dari impor. Namun, untuk Idul Adha, 90% hewan hidup dan kebanyakan dari Jatim, baik sapi mau pun kambing. 

Halaman Selanjutnya
img_title