Meredam Perselisihan, Bupati Lumajang Bangun Masjid dan Gereja Satu Area

Bupati Thoriq dan Negeri di Atas Awan Lumajang.
Sumber :
  • Facebook Thoriqul Haq

JatimPemerintah Kabupaten Lumajang berencana akan membangun masjid dan gereja secara berdampingan di dalam satu area. Hal ini bermula dari penolakan masyarakat terhadap pembangunan rumah pendeta di Desa Tempeh Tengah. 

Kiranti, Minuman Herbal Khusus Wanita saat Haid ini Bisa Diminum Setiap Hari

Pembangunan masjid dan gereja tersebut bertepatan di Desa Sumberjati, Kecamatan Tempeh, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

Bupati Lumajang Thoriqul Haq mengatakan, Permasalahan antara masyarakat dan pendeta tersebut disebutnya sudah terjadi bertahun-tahun.

Derita Palestina, MUI: Aksi Bantuan Lebih Dibutuhkan Ketimbang Seruan Boikot

“Itu diawali oleh persoalan perbedaan persepsi pembangunan gereja oleh masyarakat,” kata Thoriq kepada Viva Jatim, Senin 10 April 2023.

Pasalnya, oleh Jemaat Gereja Kristen Pantekosta, rumah pendeta itu juga akan digunakan sebagai tempat ibadah. Namun kelompok masyarakat sekitar menolakanya.

Survei Pilkada Lumajang 2024: Elektabilitas Cak Thoriq 56,8%, Bunda Indah 35,7%

Thoriq mengaku ia ingin menyelesaikan permasalahan itu. Dia pun menginisiasi forum musyawarah dengan mengajak pihak-pihak yang berbeda pendapat dan tak saling paham itu, untuk duduk mencari jalan tengah. 

Di forum itu, Thoriq juga mengajak Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB), Nahdlatul Ulama (NU), Muhammadiyah dan Majelis Ulama Indonesia (MUI) untuk bicara bersama.

Halaman Selanjutnya
img_title