Jelang Mudik Lebaran, Ribuan Penumpang Stasiun Tulungagung Naik 30 Persen

Suasana Stasiun Tulungagung jelang lebaran
Sumber :
  • Madchan Jazuli/ Jatim Viva

Jatim –Menjelang mudik lebaran, Kereta Api Indonesia (KAI) merupakan salah satu transportasi yang tak kalah diminati pemudik. Tampak dari pintu masuk di Stasiun Tulungagung penumpang mengular panjang untuk antri cheking ticket. 

Kapolri: Puncak Arus Balik Lebaran Diprediksi Terjadi Malam Ini

Kepala Stasiun Tulungagung, Sudaryoto mengungkapkan rata-rata per hari mulai beberapa hari kemarin sekitar 700 sampai 800 penumpang. Tren kenaikan 30 persen setiap hari menjelang Hari Raya Idul Fitri 1444 H.

"Naik 30 persen mulai tanggal 13 April 2023 semakin kesini naik 30 persen (dari hari biasanya). Total penumpang turun di Tulungagung KA Jarak Jauh dari Jakarta maupun dari Bandung, Jakarta dari arah Malang itu sudah 4.500 penumpang," ungkap Sudaryoto saat ditemui di Stasiun Tulungagung, Rabu 19 Aprip 2023.

Tips Merawat Mobil yang Lama Tidak Terpakai usai Ditinggal Mudik

Pria asal Jawa Tengah ini mengungkapkan, kenaikan penumpang meningkat tajam tidaklah mengherankan. Pasalnya, tahun ini dibanding dari tahun kemarin sudah diberikan kelonggaran. Karena persyaratan vaksin maupun persyaratan tes antigen sudah tidak ada.

"Akan tetapi, tetap masih dihimbau untuk menggunakan masker. Sebab untuk masker itu untuk berjaga-jaga penumpang itu sendiri," bebernya.

Arus Balik Lebaran 2024, Berikut Tips Sederhana Hemat BBM

Perihal prediksi puncak arus mudik, Sudaryoto mengaku kemungkin besok hari Kamis 20 April 2023. Sebab terpantau menggunakan Aplikasi KAI Acces esok hari tiket sudah habis tidak tersisa.

Sementara untuk tiket arus balik, ia menjelaskan terpantau dari tanggal 23 Aprip 2023 ke arah Jakarta masih tersedia sampai tanggal 2 Mei 2023. Lalu arah Pasar Senen dan Gambir juga sudah habis sejak tanggal 24 Aprip 2023 hingga 1 Mei 2023.

Halaman Selanjutnya
img_title