Beragam Penentuan Hari Raya Idul Fitri 1444 H

Suasana Hari Raya Idul Fitri
Sumber :
  • Viva

Jatim – Umat Islam di seluruh dunia akan menyambut Hari Raya Idul Fitri, hal ini karena bulan puasa hanya tinggal beberapa hari saja. Penetapan hari raya Idul Fitri 1 Syawal 1444 Hijriah ini menggunakan rukyatul hilal dan tergantung di dunia mana anda berada. 

Mudik Gratis Sukses, DPRD Jatim Minta Tambahan Armada untuk Berikutnya

Secara umum umat Islam akan berpuasa diantara 29 atau 30 hari selama bulan Ramadan tergantung penampakan bulan di wilayah tertentu. Biasanya para ahli falak akan berbondong-bondong menverifikasi penampakan bulan pada malam hari sebelum Idul Fitri. Negara yang memulai puasa pada tanggal 23 Maret akan meminta pengamat untuk memindai cakrawala setelah matahari terbenam untuk melihat bulan sabit pada Kamis tanggal 20 April.

Pengamat akan mengamati hilal di ufuk Barat, apabila sudah terlihat makan malam tersebut adalah masuk malam Idul Fitri. Jika tidak terlihat umat Islam akan menggenapkan puasanya menjadi 30 hari.

Minim Pendonor, Stok Darah di PMI Tuban Menipis

Menurut Kantor HM Nautical Almanac Inggris, dilansir AlJazeera, Kamis, 20 April 2023, kelahiran Bulan baru akan terlihat pada pukul 04:13 GMT pada hari Kamis, 20 April, tetapi hanya akan terlihat dalam kondisi tertentu di seluruh Amerika Utara.

Negara-negara Eropa, seperti Inggris maupun AS diperkirakan akan merayakan Idul Fitri pada 21 April 2023. 

Menilik Sejarah dan Makna Lebaran Ketupat, Sudah Ada Sejak Era Wali Songo

Namun, mayoritas negara dunia seharusnya dapat dengan mudah melihat Bulan baru dengan mata telanjang pada malam berikutnya, Jumat, 21 April, yang berarti hari pertama Idul Fitri adalah Sabtu, 22 April.

Hanya segelintir negara di belahan bumi selatan, termasuk sebagian Amerika Selatan, Australia, dan Selandia Baru, yang mungkin tidak melihat bulan pada Jumat malam kecuali kondisinya ideal atau jika mereka menggunakan bantuan optik. Untuk negara-negara tersebut, Idul Fitri akan dimulai pada Minggu, 23 April.

Halaman Selanjutnya
img_title