Tradisi Kupatan Durenan Trenggalek Bikin Arus Lalu Lintas Padat 3 KM

Arus lalin padat merayap saat Kupatan H+8 di Trenggalek
Sumber :
  • Madchan Jazuli/ Jatim Viva

Jatim –Jalur Nasional Jalan Tulungagung-Trenggalek padat, lantaran semua dari berbagai daerah bersilaturahmi di Desa atau Kecamatan Durenan Kabupaten Trenggalek, bahkan meluas satu kecamatan. Pihak kepolisian mengamati kepadatan mengular hingga 3 kilometer. 

Kemensos Beri 60 Titik Instalasi Air Bersih di Trenggalek, Novita: Pemantik Masyarakat Hidup Sehat

"Rute kepadatan terlihat di jalan poros Jalan provinsi Tulungagung Trenggalek sampai perbatasan Durenan. Kurang lebih kepadatan sekitar 2 sampai 3 kilometer," beber Ajun Komisaris Besar Polisi Alith Alarino di Mapolsek Durenan, Sabtu 29 April 2023.

AKBP Alith menambahkan, tidak menampik kepadatan tak terelakkan karena pusat kegiatan kupatan ada di wilayah Durenan sebab kegiatan ini adalah tradisi yang turun-temurun. Sehingga jarak tempuh bisa agak bertambah lama melewati jalur jalan poros nasional.

Dirjen Perkebunan Dorong Luas Tanam di Trenggalek

Kapolres berkacamata ini mengaku kepadatan berasal dari sanak saudara yang berasal dari luar Trenggalek untuk hadir ke Durenan atau ke Trenggalek untuk Halal Bihalal. Termasuk dari dalam Trenggalek sendiri dari Kelurahan atau Kecamatan Kecamatan lain berkumpul semua di Durenan.

"Ada juga alumni alumni pondok pesantren yang ada di wilayah Durenan ini juga memadati," ulasnya. 

Mas Ipin di Festival Pengendalian Lingkungan KLHK: Ekologi-Ekonomi Beriringan

Untuk memecah dan mengurai arus, kepolisian telah menerjunkan 120 personel. Ditambah lagi dengan bantuan dari stakeholder mulai Satpol PP, RAPI, dan juga Barisan Ansor Serbaguna, termasuk membuat rekayasa lalu lintas.

"Kami juga sudah menyiapkan jalur alternatif, untuk kepadatan tersebut kita putarkan melalui lewat jalan kabupaten. Lalu, juga kita carikan jalan yang lebih lengang untuk masuk kedalam desa-desa," tutupnya.

Halaman Selanjutnya
img_title