Jalan di Sumenep Rusak, Jokowi Minta Warga Lapor di Medsos

Aksi unjuk rasa di Jalan Adhirasa, Desa Kolor, Kecamatan Kota Sumenep
Sumber :
  • VIVA Jatim/Istimewa

Jatim – Masyarakat di Kabupaten Sumenep, Jawa Timur mengeluh soal kondisi jalan yang rusak parah. Sebagai bentuk protes, mereka menggelar aksi unjuk rasa di Jalan Adhirasa, Desa Kolor, Kecamatan Kota, Sumenep pada Jumat, 5 Mei 2023.

Momen Gayeng Jokowi Ajak Anak Yatim Belanja Baju Lebaran di Jakarta

Para pendemo itu bahkan menilai bahwa pemerintah daerah belum serius menyikapi persoalan jalan rusak. Malah lebih mementingkan perihal reaktivasi jalur kereta api di Madura. Padahal jalan merupakan akses utama mayoritas masyarakat di Sumenep.

"Sudah banyak masyarakat yang mengeluhkan kondisi tersebut (jalan rusak), dan sampai hari ini belum ada perhatian dari pemerintah daerah," kata koordinator aksi Ardiyanta Alzi Candra.

Pengiriman Bantuan Korban Gempa ke Bawean Alami Kendala, Jokowi Diminta Turun Tangan

Seperti yang terjadi di Jalan Adhirasa, Desa Kolor, Kecamatan Kota Sumenep, kondisinya cukup memprihatinkan. Kubangan besar dengan timbunan bebatuan membahayakan para pengendara ketika melintas di jalan yang masih berada di wilayah perkotaan itu.

Tak jarang pula, air menggenangi kubangan jalan yang rusak usai diguyur hujan deras. Nyaris menyerupai kolam. Para pengendara, khususnya roda dua kerap mengalami kecelakaan.

Momen Akrab, Prabowo dan Para Menteri Buka Bersama Ramadan 2024 bersama Joko Widodo

Tak hanya di seputaran kota, jalan rusak juga terjadi di sejumlah ruas jalan lain di wilayah pedesaan bahkan kepulauan. Tingkat kerusakannya pun beragam, mulai dari parah, sedang hingga ringan.

Di Luar Tanggungjawab Pemkab

Halaman Selanjutnya
img_title