Rawan Bentrok, Ribuan Polisi Amankan Pilkades Serentak di Bangkalan

Polisi bersenjata lengkap mengamankan pilkades di Bangkalan.
Sumber :
  • Nur Faishal/ Jatim Viva

JatimPemilihan Kepala Desa (Pilkades) di Kabupaten Bangkalan mendapatkan atensi khusus dari Polda Jawa Timur (Jatim). Polisi memetakan daerah rawan bentrok agar segala sesuatu yang tidak diinginkan dalam Pilades kali ini tidak terjadi. Sebab itu, kepolisian menerjunkan 4.027 personel di sana.

Jadi Gudang Perakit Petasan, Mushalla di Bangkalan Digrebek Polisi

Kapolda Jatim, Irjen Pol Toni Harmanto menyebut, dari 149 desa ada empat desa yang dikategorikan rawan. Nantinya akan disiagakan polisi di sana. Tapi, sambung dia, personel kepolisian lainnya juga disiagakan di seluruh desa yang menggelar Pilkades. 

"Kegiatan Pilkades ini akan dilaksanakan serentak dan BKO pasukan sebanyak 10 ribu pasukan dari Polda Jatim. Tujuan kita tetap menjaga kondusifitas," kata dia.

Daftar Titik Rawan Bencana di Jalur Mudik Jatim: Ada Longsor dan Banjir

Bahkan, di desa Tanjung Bumi Bangkalan sudah beredar beberapa informasi hoaks di tengah-tengah masyarakat. Sebagaimana yang diungkapkan oleh Kapolres Bangkalan, AKBP Febri Isman Jaya, ada beberapa peristiwa ganjal Pilkades di Bangkalan terjadi. 

"Di Tanjung Bumi ada hoaks katanya ada surat suara yang dicoblos, hanya pada saat pelimpahan surat suara tidak ada saksi yang datang," katanya, dalam rilis yang diterima Viva Jatim. 

16 Ribu Personel Gabungan Amankan Mudik Lebaran 2024 di Jawa Timur

"Sehingga timbul dari pihak lain datang dan massa berkumpul. Namun saat kami datang dan menjelaskan akhirnya massa kembali,"  dia menjelaskan.

Untuk mengantisipasi sesuatu yang tidak diinginkan dalam penyelenggaraan Pilkades, langkah yang sudah dilakukan Polres Bangkalan bersama Plt Bupati Bangkalan, kata Febri, sejak 6 Mei 2023 melaksanakan operasi senjata tajam dan senjata api. Operasi ini melibatkan mahasiswa dan aktivis.

Halaman Selanjutnya
img_title