Libur Akhir Pekan, Yuk Saksikan Festival Tan-Pangantanan di Sumenep

Festival Tan Pangantanan oleh Pemkab Sumenep
Sumber :
  • Media Center Sumenep

JatimLibur akhir pekan telah tiba, waktunya mengisi waktu senggang untuk berlibur bersama keluarga. Sekadar melepas penat dari aneka pekerjaan yang menumpuk di meja kantor. Hal demikian penting agar tumbuh semangat baru ketika kembali menjalani rutinitas pekerjaan.

Sekolah Gerakan Lakpesdam NU dan Fakta Foundation Soroti Kebijakan Anggaran Kabupaten Sumenep

Bila hendak berlibur, ada baiknya berkunjung ke Pantai Lombang yang berada di Desa Lombang, Kecamatan Batang-Batang, Kabupaten Sumenep. Sebab, di pantai yang ditumbuhi banyak pohon cemara ini akan digelar satu festival kebudayaan khas Sumenep, pada Minggu besok, 14 Mei 2023. 

Adalah Festival Tan-Pangantanan Dhe' Nondhe' Ni' Nang. Merupakan inisiatif Pemerintah Kabupaten Sumenep untuk melestarikan kebudayaan tradisional serta menanamkan nilai-nilai budaya warisan para leluhur kepada generasi muda. 

Mak Ganjar Jatim Buka Pelatihan Ecoprint di Sumenep, Ajari Membatik Menggunakan Daun

“Festival Tan-Pangantanan Dhe’ Nondhe’ Ni’ Nang merupakan langkah nyata menjaga kebudayaan tradisional supaya di era saat ini tidak terkikis, bahkan punah oleh kemajuan teknologi,” kata Bupati Sumenep Achmad Fauzi, dalam keterangan tertulisnya, Sabtu, 13 Mei 2023.

Politisi PDIP itu mengatakan, komitmen untuk melestarikan budaya leluhur harus terus ditanamkan kepada generasi muda. Karena itu, pihaknya akan terus berkomitmen menjaga budaya tradisional di tengah gempuran teknologi pada generasi muda.

Jelang Libur Nasional Maulid Nabi, Pelanggan KA di Daop 8 Surabaya Meningkat 35 Persen

“Kami ingin semua elemen di daerah dengan festival ini, untuk menguatkan komitmen dalam melestarikan warisan budaya di Kabupaten Sumenep, karena kalau bukan kita siapa lagi yang menjaga dan melestarikannya dan jika tidak dilakukan mulai saat ini kapan lagi,” ungkapnya.

Bupati mengharapkan, kegiatan ini dapat membangun kesadaran orang tua dan guru agar mengenalkannya kepada anak-anaknya sejak dini, agar memacu generasi milenial yang cerdas teknologi dan tetap mencintai budaya sendiri.

Halaman Selanjutnya
img_title