Hari Buku Nasional 2023, Gubernur Khofifah Berharap Minat Baca Masyarakat Meningkat

Gubernur Khofifah saat meninjau pameran buku
Sumber :
  • Nur Faishal/Dok.Humas Pemprov Jatim

JatimGubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa berharap agar minat baca sekaligus literasi bagi masyarakat di era digital saat ini meningkat. Di sisi lain, orang nomor satu di Jatim itu juga mendorong pustakawan untuk segera beradaptasi dengan perubahan ekosistem digital.

Prakiraan Cuaca Jatim 26 April 2024: Mayoritas Wilayah Hujan Lebat

Pesan itu disampaikan Khofifah dalam rangka peringatan Hari Buku Nasional yang jatuh hari ini, Rabu, 17 Mei 2023.

"Dalam momen Hari Buku Nasional ini, mari kita dedikasikan diri untuk memperkaya wawasan dan meningkatkan kualitas hidup kita melalui buku dan literasi," kata Gubernur Khofifah di Gedung Negara Grahadi Surabaya pagi ini.

Menteri Tito Karnavian Ungkap Alasan Gibran Tak Hadiri Hari Otoda di Surabaya

Tingkat Kegemaran Membaca (TGM) masyarakat Indonesia pada tahun 2022 berdasarkan survei Perpustakaan Nasional (Perpusnas) RI, sebesar 63,96 poin. Angka tersebut naik dibanding 2021 yang sebesar 59,52 poin. Sementara TGM Jawa Timur tahun 2022 mencapai 68,54 poin.

Menurut Gubernur Khofifah, peningkatan TGM ini tidak lepas dari beragam program yang dirumuskan untuk mendorong minat baca masyarakat, salah satunya pembangunan program perpustakaan terakreditasi.  

Skor 97 Persen, PT Smelting Raih Predikat Gold Sertifikasi Sistem Manajemen Pengamanan

"Hingga saat ini, total ada 2.096 perpustakaan di Jatim yang sudah terakreditasi," ungkapnya.

Dijelaskan, semakin tinggi minat baca dan literasi, masyarakat tidak akan mudah terkena hoaks dan disrupsi informasi. Sebab, masyarakat akan mencari tahu terlebih dahulu terkait validitas informasi yang diterima.

Halaman Selanjutnya
img_title