Intip Teknologi Digital Pendeteksi Kekerasan Seksual Kreasi Mahasiswa UMB

Mahasiswa UMB Ciptakan Teknologi Digital Pendeteksi Kekerasan Seksual
Sumber :
  • Viva.co.id

Jatim –Reny Novianti, Beliana Fajriana dan Calvin Prasetyo merupakan tiga mahasiswa di Fakultas Ilmu Komputer Prodi Sistem Informasi, Universitas Mercu Buana (Fasilkom UMB). Mereka berhasil menciptakan alat bernama Smart Integrated Sex Harassment Protecting (STRESSING) Aplikasi Cerdas Terintegrasi untuk Perlindungan Pelecehan Seksual melalui smartphone.

4 Tahun Cabuli Anak Tiri, Oknum Polisi di Surabaya Ditahan

“Meskipun ada fasilitas pengaduan, korban pelecehan seksual masih sulit untuk melapor karena takut atau trauma. Terlebih lagi di Indonesia adanya budaya menyalahkan korban, yang membuat korban tindak pelecehan seksual memilih untuk diam dan memendam pengalaman pahitnya itu sendirian,” katanya dikutip dari VIVA, Jumat, 19 Mei 2023.

Menurut Reny dan kawan-kawan kasus pelecehan seksual di Indonesia yang sudah cukup meresahkan ini terjadi karena kurangnya kesadaran dan edukasi pada masyarakat di Indonesia. Korbannya pun tidak hanya perempuan saja tetapi laki-laki dan juga anak-anak. 

Ketua DPC PSI Gubeng Surabaya Dipecat Buntut Lecehkan Gadis Panti Asuhan

“Saya dan tim berpikir bahwa kasus pelecehan seksual ini dapat terbantu dengan media seperti aplikasi cerdas terintegrasi yang dapat memberi perlindungan dan membantu para korban pelecehan seksual di Indonesia,” kata Reny. 

Alat bernama Smart Integrated Sex Harassment Protecting (STRESSING) ini dilengkapi dengan sensor suara dan alarm yang berfungsi ketika korban dalam keadaan berbahaya. Alat ini otomatis akan berbunyi untuk menakuti pelaku kejahatan dan akan mengirimkan sinyal bahaya ke pihak yang terhubung. 

Gus Zahro Setuju Ponpes di Trenggalek Ditutup gegara Kasus Pencabulan

“Aplikasi ini memiliki mitra yang akan terhubung dengan lembaga pemerintahan yaitu Kementerian Pemberdayaan dan Perlindungan Perempuan dan Anak (PPPA), Komnas Perempuan, aparat penegak hukum atau kepolisian, dan Non Governmental Organization (NGO) terkait yang bergerak pada perlindungan dan penanganan kasus kekerasan dan kejahatan seksual,”ungkapnya. 

Alat bernama STRESSING itu menjadi juara Favorit I dalam Pekan Inovasi Universitas Mercu Buana 2023. Pekan Inovasi Mahasiswa Universitas Mercu Buana 2023 ini memiliki tema “Inovasi Tanpa Batas” bertujuan menjadi wadah aspirasi inovasi mahasiswa terhadap permasalahan-permasalahan di tengah masyarakat. 

Halaman Selanjutnya
img_title