Menu Katering Jemaah Haji di Makkah Hadirkan Cita Rasa Nusantara

Demo memasak yang digelar mulai 23-24 Mei 2023.
Sumber :
  • Istimewa

Jatim – Sebanyak 54 perusahaan dapur katering telah dikontrak Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) untuk melayani jemaah haji Indonesia saat di Makkah. Cita rasa Nusantara adalah komponen penting yang harus hadir dalam setiap menu masakan yang disiapkan untuk para jemaah haji.

Kemenag Jatim Undi Urutan Daerah Keberangkatan Jemaah Haji, Ini Hasilnya

Hal ini ditegaskan langsung Kepala Daerah Kerja (Daker) Makkah Khalilurrahman saat memberikan arahan pada giat praktik memasak menu Nusantara di Makkah, Selasa kemarin, 25 Mei 2023.

"Kita kumpulkan dapur katering untuk kembali menyamakan persepsi menu masak harian bercita rasa nusantara yang sudah ditentukan oleh Tim Penyedia Konsumsi," ungkap Khalilurrahman, dikutip dari VIVA, Rabu, 24 Mei 2023.

Info Haji 2024, Kemenag Ubah Penempatan Jemaah dari Mina Jadid ke Muaishim

Selama di Makkah, lanjut Khalilurrahman, jemaah akan mendapatkan tiga kali makan sehari, terdiri atas sarapan, makan siang, dan makan malam. Untuk sarapan pagi, ada tiga jenis menu utama, yaitu: 1) Nasi Uduk dan Orek Tempe Cabe; 2) Nasi Goreng dan Teri Kacang Balado; dan 3) Nasi Kuning dan Telur Dadar Daun Bawang Cabe Merah.

Untuk makan siang, ada empat varian menu utama yang di praktekan , yaitu: 1) Ikan Patin Goreng Bumbu Rajang dan Tumis Timun Wortel; 2) Ayam Goreng Saus Mentega dan Tumis Wortel Kacang Polong; 3) Ikan Tuna Cabe Hijau dan Terong Balado; dan 4) Ikan Patin Bumbu Balado dan Tumis Jamur Cabe Hijau.

Layanan Kemudahaan Keimigrasian Calon Jemaah Haji Bakal Hadir di Solo dan Surabaya

Sementara untuk makan malam, ada tiga jenis menu utama yang dipraktekan, yaitu: 1) Ikan Fillet Dori Goreng dan Terong Balado, 2) Daging Sapi Lada Hitam dan Kentang Mustofa; dan 3) Ayam Gulai dan Oseng Tempe Cabe Merah.

"Menu bercita rasa nusantara ini kita sajikan agar bisa dinikmati oleh jemaah haji Indonesia selama di Mekah," sebut Khalilurrahman.

Halaman Selanjutnya
img_title