Jemaah Haji Lansia Asal Surabaya Hilang Kesadaran, Kini Dirujuk ke RSAS Madinah

Jemaah haji lansia asal Surabaya tidak sadarkan diri setibanya Bandara
Sumber :
  • Lutfi Dwi Puji Astuti/MCH 2023

Kondisi drop dialami jamaah lansia yang diberangkatkan ke Madinah. Saat tiba di Bandara Internasional Ameer Mohammad Bin Abdul Aziz, Madinah, Minggu 28 Mei 2023 dilaporkan banyak mengalami kondisi kesehatan yang menurun. 

Selama Lebaran Rumah Sakit Ini Siaga 24 Jam Layani Pasien Trenggalek

Salah satu di antaranya bahkan harus dirujuk ke Rumah Sakit Arab Saudi (RSAS) Madinah karena kehilangan kesadaran. 

Jemaah  yang mengalami kehilangan kesadaran berasal dari kloter Surabaya, SUB 10 dengan nama  Murodi usia 80-an. Saat turun dari pesawat Murodi tampak menggunakan kursi roda dan tak sadarkan diri. 

Mitigasi Gempa, Rumah Sakit di Surabaya Diminta Hitung Ulang Struktur Bangunan

Menurut keterangan Kepala Pos Kesehatan Bandara, dr Novitasari, Murodi mengalami hipertensi krisis  dengan tensi  220/100.

"Ini  sangat berbahaya kondisinya hipertensi krisis dengan hipoglikemik,  kesadaran menurun kita rujuk trease merah dirujuk ke klinik bandara. Karena harus dicek lebih lanjut kemudian dibawa ke RSAS Madinah," kata dr Novi.  

42 Anak di Lamongan Terserang DBD, 8 Dirawat Intensif di Rumah Sakit

Selain Murodi, jemaah lainnya dari kloter yang sama sebelumnya sempat dirawat di Embarkasi namun saat hendak berangkat hasil pemeriksaan meloloskannya. "Memang lansia kondisinya naik turun sehingga tiba ngedrop lagi dan  dibawa ke Klinik Kesehatan Haji Indonesia," terang dr Novi lagi. 

Jemaah yang mengalami drop saat tiba di AMAA ialah Aiyub Jalil dengan kondisi Penyakit Paru Obstruksi Kronik (PPOK) sehingga turun dari pesawat mengalami sesak. 

Halaman Selanjutnya
img_title