Kenalkan Budaya ke Kaum Milenial, Srikandi Ganjar Jatim Gelar Pertunjukan Reog Ponorogo

Alat musik penggiring reog
Sumber :
  • Viva Jatim/Nur Faishal

Jatim – Sukarelawan Srikandi Ganjar Jawa Timur (Jatim) menggelar Unjuk Budaya Reog Ponorogo bareng Komunitas Sardulo Suryo Putro dan Sardulo Suryo Gati di Desa Glinggan Kelurahan Glinggan Kulon, Kec Sampung, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur, Rabu 31 Mei 2023.

Peduli Kaum Milenial, Srikandi Ganjar Gelar Pelatihan Public Speaking bagi Perempuan Muda di Situbon

Dalam kegiatan tersebut, Korwil Srikandi Ganjar Jatim Cindy Miftakhul mengatakan bahwa mereka berusaha untuk mengedukasi masyarakat, khususnya anak muda tentang budaya reog.

Selain itu, acara tersebut juga sebagai usaha untuk menjalin silaturahmi dengan puluhan milenial yang terlibat dalam pertunjukan budaya itu.

Kirab Pemilu 2024 Tiba di Jatim, Disambut Reog

"Reog Ponorogo merupakan kesenian dan tradisi masyarakat Ponorogo yang yang masih hidup dan bertujuan mempererat tali silaturahmi masyarakat setempat," kata dia. 

Dia menambahkan Pertunjukan Reog Ponorogo sendiri sering ditampilkan di berbagai acara, seperti di pernikahan, perayaan hari jadi, hingga festival kesenian. 

Srikandi Ganjar Jatim Gandeng Komunitas Hijab Tampilkan Busana Muslimah Jelang Lebaran

"Pada kesempatan kali ini Srikandi Ganjar Jatim bersama komunitas Sardulo Suryo Putro dan Sadulo Gati menggelar kegiatan unjuk budaya Reog. Hal ini dilakukan untuk menunjukkan bahwa Indonesia merupakan negara yang kaya akan budaya," kata dia.

Menurut Cindy, budaya akan mati jika tidak di lestarikan. Oleh karena itu, Srikandi Ganjar mengajak para milenial untuk belajar dan melestarikan budaya daerahnya yakni Reog Ponorogo.

Halaman Selanjutnya
img_title