Kirab Pemilu 2024 Tiba di Jatim, Disambut Reog

Kirab Pemilu 2024 Tiba di Jatim
Sumber :
  • Nur Faishal/ Jatim Viva

JatimKirab Pemilu Tahun 2024 dari Jalur IV akhirnya tiba di Kota Surabaya Jawa Timur pada Selasa, 9 Mei 2023. Kedatangan kirab tersebut ditandai dengan prosesi serah terima yang dilakukan KPU Jatim dari KPU Kalimantan Timur

Tradisi Malem Selawe: Acara Rutin Peninggalan Sunan Giri untuk Mendapat Berkah Lailatul Qadar

Rilis yang diterima Viva Jatim, para undangan dan masyarakat mendapatkan suguhan penampilan kesenian Reog Ponorogo beserta bujang ganong, warok dan jathilannya.

Tidak hanya itu, saat iring-iringan bendera tiba, rombongan Kaltim disambut dengan flash mob jingle pemilu yang dibawakan para Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) se-Surabaya. 

Partisipasi Milenial Jadi Faktor Utama Lumbung Suara Prabowo-Gibran Unggul di Jatim

Berikutnya, perjalanan menuju lokasi acara juga diiringi “cucuk lampah” tarian Tanduk Majeng dari Madura. Dibawakan oleh penari muda yang indah sehingga memikat para undangan untuk ikut serta menari bersama. Tak ketinggalan, tarian Lenggang Tunjung dari Surabaya juga turut mewarnai rangkaian acara. 

Diketahui, bendera kirab berada di Surabaya selama 7 hari mulai hari ini hingga 15 Mei 2023. Selanjutnya pada 16 Mei 2023 diserahkan ke KPU Kota Probolinggo. Begitu dilakukan secara estafet selang waktu 7 hari secara bergantian ke KPU Pasuruan dan KPU Malang. 

Rekapitulasi Suara di KPU Jatim Rampung, AMIN Ungguli Ganjar-Mahfud

Sedangkan mulai 6 Juni 2023, selang waktu 6 hari secara bergantian pula, bendera dikirab melewati Blitar, Kota Blitar, Kediri, Kota Kediri, Tulungagung, Trenggalek, Ponorogo, hingga berakhir pada 23 Juli di Pacitan. 

Untuk selanjutnya, pada 24 Juli 2024, bendera akan diserahkan ke KPU Gunung Kidul melalui KPU Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. 

Halaman Selanjutnya
img_title