Warga Antusis, Kiyai Muda Jawa Timur Gelar Pelatihan Catering dan Masak di Sampang

Kiyai Muda Jatim gelar pelatihan memasa bersama Ibu-Ibu di Sampang
Sumber :
  • Viva Jatim/Nur Faishal

JatimKiyai Muda Jawa Timur kini mulai merambah ke wilayah Madura. Meraka mensosialisasikan Ganjar Presiden 2024 dengan mengadakan pelatihan memasak presto ayam dan bandeng di Kabupaten Sampang, Rabu 31 Mei 2023.

Didatangi Pemda dan BKKBN, Ini Alasan Bocah 4 Tahun di Sampang Madura Tunangan

Kegiatan yang digelar oleh sukarelawan Ganjar tersebut diikuti secara antusias oleh puluhan warga dan santri Pondok Pesantren Darul Hasibin Dusun Gunung Perahu, Desa Tambak, Kecamatan Omben, Kabupaten Sampang.

"Kami memperkenalkan kepada mereka tentang catering, terutama kita kenalkan mereka tentang cara memasak presto ayam atau bandeng," kata Koordinator Wilayah (Korwil) Kiyai Muda Jawa Timur, Ali Baidlowi.

Bahan Petasan 1 Kg Hancurkan Rumah di Bangkalan, 1 Tewas 2 Luka-luka

Adanya pelatihan tersebut untuk memberikan wawasan dan motivasi bagi kaum perempuan dalam membuat usaha kuliner. Sehingga, kaum perempuan dapat membantu menambah perekonomian keluarganya.

Menurut Ali, presto bandeng dan ayam memiliki potensi ekonomi lantaran permintaan produk kuliner tersebut dinilai sedang tinggi untuk saat ini, khususnya di wilayah Jawa Timur. 

Strategi Jitu Toko Kelontong Madura Saingi Indomaret dan Alfamart

"Sekarang lagi tren, banyak pesanan di masyarakat untuk pengolahan daging. Maka dari itu, kita perkenalkan cara memasak atau mengolah daging ayam atau bandeng sebagai percontohan nanti bisa dikembangkan pada daging lain, sapi atau kambing," tuturnya.

Tak sekadar menguasai teknik memasak presto secara khusus, Ali mengakui perlu ada inovasi dari warga untuk menciptakan produk kuliner serupa agar memiliki ciri khas yang menambah nilai ekonomisnya.

Halaman Selanjutnya
img_title