Aksi Galang Dana Perbaikan Jalan, Cara Warga Sindir Dinas PUTR Sumenep

Suasan warga saat galang dana perbaikan jalan
Sumber :
  • Viva Jatim/Ibnu Abbaz

Jatim – Warga yang tergabung dalam Gerakan Pemuda Segitiga (GPS) melakukan aksi penggalangan dana di depan Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Kabupaten Sumenep, Rabu, 7 Juni 2023. Hal itu dilakukan sebagai bentuk sindiran kepada dinas terkait yang tak kunjung melakukan perbaikan jalan. 

Sekolah Gerakan Lakpesdam NU dan Fakta Foundation Soroti Kebijakan Anggaran Kabupaten Sumenep

Pasalnya, jalan kabupaten penghubung Desa Gapura Tengah, Kecamatan Gapura dengan Desa Tamidung, Kecamatan Batang-Batang, Sumenep rusak parah. Namun pihak berwajib tak kunjung melakukan perbaikan hingga membuat pengguna jalan terganggu.

Korlap Aksi GPS Desa A Sattar mengatakan bahwa aksi galang dana dilakukan sebagai bentuk sindiran keras kepada dinas terkait. Pihaknya berharap, dari aksi tersebut bisa membuka hati para pemangku tugas untuk kepentingan masyarakat. 

Mak Ganjar Jatim Buka Pelatihan Ecoprint di Sumenep, Ajari Membatik Menggunakan Daun

“Siapa tau dengan cara ini mereka merasa malu dan langsun terbuka hatinya untuk kepentingan masyarakat,” ungkapnya. 

Sattar menambahkan, jalan penghubung dua desa itu telah sekian lama rusak. Sekitar kurang lebih 14 tahun lamanya. Namun, sedikitpun belum ada atensi dari Dinas PUTR Sumenep untuk diperbaiki. Terpaksa aksi semacam mereka lakukan. 

Protes Rocky Gerung Hina Jokowi, GPS Demo di Kantor Pemkab Sampang

“Bayangkan. Sudah 14 tahun belum ada wajah serius Dinas PUTR untuk memperbaiki jalan itu. Padahal akses perekonomian masyarakat,” ujarnya.

Pihaknya menilai, Dinas PUTR Sumenep tidak memiliki itikad baik melayani masyarakat. Pasalnya, jalan yang sudah dipenuh bebatuan dan kerikil itu membuat masyarakat yang melintas tidak nyaman, bahkan kerap memicu terjadinya kecelakaan. 

Halaman Selanjutnya
img_title