Sungai Porong Menaik akibat Lumpur Lapindo, Tambak di Sidoarjo pun Kurang Air

Monitoring Kinerja Jaringan Irigasi Tambak di Sidoarjo
Sumber :
  • A Toriq A/Viva Jatim

Jatim – Normalisasi muara sungai Porong dan memperbaiki saluran irigasi di daerah pesisir saat ini sangat dibutuhkan bagi para petani tambak Sidoarjo

Ada Dugaan Penggelapan Sepeda Motor, Rumah Pedangdut Via Vallen Digeruduk Warga

DPRD Jawa Timur pun mendesak agar Pemprov Jatim segera mengambil langkah tersebut. Pasalnya kondisi muara sungai porong sudah megalami kenaikan sehingga mengurangi volume laju keluar masuknya air ke tambak-tambak ikan. 

“Mumpung musim kemarau harus bisa dilakukan normalisasi dan membantu para petambak di pesisir Sidoarjo,” kata Ketua Komisi D DPRD Jawa Timur dr Agung Mulyono saat monitoring Kinerja Jaringan Irigasi Tambak di Sidoarjo pada Rabu 7 Juni 2023. 

LKPJ 2023, Pj Gubernur Jatim Minta Bangun Sinergitas Demi Tingkatkan Capaian IKU

dr Agung menjelaskan, adanya sedimentasi salah satunya dari endapan lumpur Lapindo mengakibatkan muara pesisir Sidoarjo medan tanahnya menaik. Kondisi itu menyulitkan warga untuk melakukan budidaya tambak ikan dan udang. 

“Jadi ketika air laut surut, ketika ada pendangkalan air laut tidak bisa masuk. Sehingga tidak bisa bercampur dengan air tambak. Kondisi air yang diinginkan pun di tambak tidak bisa terjadi,” tambah anggota DPRD Jatim dua periode itu. 

Eks Kajari Bondowoso Terbukti Terima Suap, Divonis 7 Tahun Bui

Tidak hanya berakibat pada arus air ke tambak ikan yang terdampat akibat pendangkalan muara sungai pesisir ini. Jika terjadi hujan rawan terjadi banjir, air hujan yang tertampung di sungai sering meluap karena tidak banyak yang dapat mengalir ke laut. 

“Apalagi kalau air laut pasang bisa jadi akan semakin parah,” jelasnya. 

Halaman Selanjutnya
img_title