Detik-detik Putusan MK soal Sistem Pemilu 2024, Ribuan Personel Dikerahkan

Gedung Mahkamah Konstitusi (MK)
Sumber :
  • Istimewa

Surabaya, VIVA Jatim – Hari ini Mahkamah Konstitusi (MK) tengah menggelar sidang pleno pengucapan putusan gugatan Sistem Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. Apakah akan menggunakan sistem pemilu terbuka atau tertutup. Kamis, 15 Juni 2023.

MK Bakal Sidangkan 297 Perkara PHPU Pileg 2024

Selama proses persidangan itu berlangsung, ribuan personel gabungan diterjunkan guna menjaga keamanan gedung MK. Hal ini ditegaskan Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Trunoyudo Wisnu Andiko.

"1.202 personel (yang dikerahkan untuk pengamanan)," ujarnya dikutip dari VIVA, Kamis, 15 Juni 2023.

Gerindra Berharap Usai Putusan MK Kondisi Ekonomi Bangsa Membaik

Dia mengatakan kepolisian juga mempersiapkan rekayasa lalu lintas di kawasan sekitar gedung MK. Tapi, rekayasa lalin yang disiapkan sifatnya situasional. Artinya hal itu tergantung pada kondisi di lapangan. Apabila dibutuhkan maka akan dilakukan. 

"Ya ada (rekayasa lalu lintas)," kata eks Kabid Humas Polda Jawa Timur tersebut.

Dissenting Opinion Kali Pertama dalam Sejarah MK, Hampir Pemilu Ulang!

Berdasar unggahan akun Twitter @TMCPoldaMetro, diketahui kepolisian pun sudah menutup ruas jalan Medan Merdeka Barat mengarah ke Harmoni.

"08.55 Polri Dit Lantas PMJ melakukan pengalihan arus sementara di depan Gedung Sapta Pesona. Untuk kendaraan yang akan menuju Jl. Medan Merdeka Barat / Harmoni dialihkan sementara melalui Jl. Budi Kemuliaan dan Jl. Medan Merdeka Selatan," demikian seperti dikutip dari akun tersebut.

Halaman Selanjutnya
img_title