Kontes Ikan Gurami di Nganjuk Sukses Digelar: Tingkatkan Nilai Ekonomi Pembudidaya

Kontes Ikan Gurami di Nganjuk
Sumber :
  • Haafidh Nur SY/Viva Jatim

Nganjuk, VIVA Jatim –Gurami pada umumnya adalah ikan yang biasanya hanya untuk dijadikan bahan konsumsi. Namun di Kecamatan Prambon, Kabupaten Nganjuk, ikan gurami malah dijadikan kontes. Lebih dari 100 ekor gurami mengikuti Kontes Gurami yang memperebutkan Piala Bupati Nganjuk. 

Geger Penggelembungan Suara oleh Oknum PPK dan Panwaslu di Nganjuk, PKB Desak Bawaslu Investigasi

Kegiatan yang diselenggarakan Paguyuban Perikanan Prambon tersebut berlangsung di YPI El-Farabi pada Kamis, 15 Juni 2023. Peserta tidak hanya dari kecamatan setempat namun juga ada peserta dari luar wilayah, jurinya pun adalah Penyuluh Perikanan.

“Kontes dan pameran ini sebagai sosialisasi kepada masyarakat tentang ikan gurami yang ada di paguyuban. Jika masyarakat yang ingin memelihara gurami tentu bisa belajar dengan kami,” ungkap Ketua Paguyuban Perikanan Prambon, Miftahul Ulum.

Penyuluh Agama Menyapa Dhuafa, Salurkan 1 Ton Beras untuk Ratusan Penerima di Nganjuk

Miftah menjelaskan, puluhan peserta menampilkan beragam ikan gurami dengan warna dan ukuran yang tidak dijual di warung pada umumnya. Kategori kontes dinilai dari ikan gurami yang terunik dan terbesar. Bagi pemenang disediakan hadiah berupa trofi,sertifikat, dan uang pembinaan.

“Semakin gurami terlihat menawan dan berbobot, semakin tinggi pula kesempatan memenangi kontes,dan mudah mudahan dengan adanya kontes di Nganjuk ini bisa memotivasi peternak lain, membuka lapangan kerja baru dan bisa meningkatkan nilai jual lebih tinggi pada ikan gurami,” jelasnya.

Ratusan Pengasuh dan Alumni Pesantren di Nganjuk Deklarasi Laskar Santri AMIN

Sementara itu salah satu pembudidaya ikan gurami asal Prambon, Muchibbu Syafi’  berharap  minat masyarakat Nganjuk untuk beternak ikan gurami lebih meningkat serta menjadikan Kecamatan Prambon sebagai Kampung Gurami di Nganjuk.

“Terima kasih kepada Pemkab Nganjuk yang selalu mendukung semua bentuk kegiatan pelaku budidaya perikanan di Kabupaten Nganjuk dengan selalu memberi pembinaan dan penyuluhan secara intens dan menstimulasi bantuan modal usaha untuk pengembangan budidaya perikanan,” pungkasnya.