Gegara Kotak Amal, Panji Gumilang Sebut Masjid Tempat Orang Putus Asa

Pendiri Pondok Pesantren AL Zaytun, Panji Gumilang
Sumber :
  • Viva.co.id

Surabaya, VIVA Jatim – Pernyataan kontroversial kembali dilontarkan Panji Gumilang, Pimpinan Pondok Pesantren Al Zaytun, Indramayu. Ia menyebut bahwa masjid merupakan tempat orang-orang putus asa. Hal itu karena di tempat ibadah orang Islam tersebut terdapat kotak amal

Dampak Gempa Bumi di Tuban, 28 Rumah di Kecamatan Tambak Bawean Gresik Rusak Parah

Keberadaan kotak amal, menurut Panji Gumilang sangat memalukan. Pasalnya sampai sekarang masih banyak masjid di Indonesia yang belum memiliki donatur tetap. Mestinya para donatur sudah siap sehingga tak lagi menyediakan kotak amal.

Oleh karenanya, menyangkut hal di atas, Pria 76 tahun itu menyatakan masjid yang berada di Indonesia merupakan masjid yang dipenuhi orang-orang putus asa. Sementara dia beranggapan ‘konsep’ masjid yang sebenarnya ada di Vatikan.

Tips Parenting Ala Khofifah: Urgensi Kenalkan Pengetahuan Agama Sejak Dini

“Masjid itu adanya di Vatikan sana, di sini (Indonesia) tempat orang-orang putus asa, masjid-masjid itu,” ujar Panji Gumilang dikutip dari VIVA, Sabtu 17 Juni 2023.

Menurut panji, masjid yang berada di Indonesia tidak bisa disebut sebagai pusat peradaban, sebab, kata dia, masjid yang berdiri di Tanah Air masih kesulitan untuk mendapatkan uang dari jemaahnya.

Menjadikan Masjid sebagai Sentra Kegiatan Dakwah dan Edukasi Masyarakat

“Hanya duduk, dipaksa ngisi kaleng (kotak amal) keluar, selesai. Ini masjid peranannya, katanya, sebagai pusat peradaban, tidak ada. Yang ada peradaban pungutan uang.” kata dia

Menurutnya, hal demikian cukup memalukan jika disebut sebagai pusat peradaban. Sebab, dia miris melihat kenyataan, para jemaah baru akan memberi uang ketika kotak amal diedarkan.

Halaman Selanjutnya
img_title