Ketua PPIH Embarkasi Surabaya Sebut 86 Persen Jemaah Haji Berangkat ke Tanah Suci

Jemaah Haji Embarkasi Surabaya
Sumber :
  • Nur Faishal/ Viva Jatim

Surabaya, VIVA Jatim – Jelang penutupan operasional pemberangkatan jemaah haji 2023, Embarkasi Surabaya telah memberangkatkan 86 persen jemaah haji. Hingga hari ini, Senin19 Juni 2023, ada 31.712 orang yang telah berangkat dalam 72 kloter.

Arab Saudi Resmikan Sistem Visa Terpadu, Permudah Jemaah Haji hingga Turis

“Ya. Hari ini sudah  31.352 orang jemaah dan 360 orang petugas dalam 72 kloter yang berangkat ke Arab Saudi. Dan ada 4 kloter yang masuk ke Asrama Haji Sukolilo mulai pagi hari ini, “ ujar Husnul Maram, Ketua PPIH Embarkasi Surabaya.

Kloter yang berangkat menuju Jedah dari Bandar Udara Internasional Juanda pada hari ini, yaitu 3 kloter jemaah dari Kota Malang dan Kota Surabaya.  Jemaah Kota Malang tergabung dalam tiga kloter, yaitu kloter 70, kloter 71, dan sedangkan dalam kloter 72 yang bergabung dengan jemaah asal Kota Surabaya. 

Kabar Gembira! Jatim Dapat Tambahan Kouta Haji Hampir 4000 di 2024

“Dari 3 kloter yang berangkat ini ada 286 jemaah risti dan 30 jemaah berkursi roda. Dan Alhamdulillah, semua jemaah dapat berangkat. Tidak ada yang tunda karena sakit,” sambung Maram.

Empat kloter yang masuk pada hari ini adalah kloter 73 dari Kabupaten Situbondo, kloter 74 gabungan Kabupaten Situbondo dan Sidoarjo. Sedangkan kloter 75 dan kloter 76 berasal dari Kabupaten Sidoarjo.

Kemenag Jatim Sebut Kerukunan Umat Beragama di Jatim di Atas Rata-rata Nasional

Kloter 73 yang telah masuk ke Embarkasi Surabaya sekitar pukul 11.00 WIB ini telah melalui proses penerimaan jemaah di Hall Mina sedangkan kloter 74 diterima di Hall Muzdalifah. 

Dari pemeriksaan koper, terdapat 3 orang jemaah dari kloter 73 yang membawa rokok melebihi batas sehingga petugas menyita rokok tersebut, dengan jumlah total 7 slop dan 4 bungkus rokok. Sedangkan dari pemeriksaan koper pada kloter 74, petugas menyita 4 slop dan 16 bungkus rokok.