Jangan Abai, Yamaha STSJ Bagikan Cara Periksa Air Radiator Motor Mandiri

Pengecekan Motor (Ilustrasi)
Sumber :
  • A Toriq A/Viva Jatim

Surabaya, VIVA Jatim –Salah satu fungsi sistem pendinginan atau radiator adalah guna menjaga kinerja motor tetap optimal dan terhindar dari overheat.

Ketahui 4 Tanda Waktunya Servis Sepeda Motor

Komponen ini memerlukan perawatan yang maksimal agar tidak mengganggu kinerja dari kendaraan tersebut.   

“Konsumen tidak perlu ke bengkel untuk melakukan pengecekan kondisi radiator. Bisa dilakukan sendiri dirumah untuk mengetahui apakah radiator dalam kondisi yang baik atau tidak," ujar General Manager Service & Spare Part Yamaha Surya Timur Sakti Jatim (STSJ), Ilham Wahyudi pada Rabu, 21 Juni 2023. 

Selain Ganti Oli, Ini Ritual Tambahan Agar Performa Motor Terjaga

"Cukup simpel caranya, tidak membutuhkan banyak tools yang lengkap untuk melakukan pengecekan kondisi radiator,” imbuhnya. 

Langkah-langkah yang dapat dilakukan oleh konsumen untuk melakukan pengecekan radiator dapat dilakukan melalui pengecekan warna dari air radiator, apabila warna sudah memudar atau keruh tandanya konsumen harus segera mengganti. 

LEXi LX 155 Motor Generasi Baru Kelas Premium Berteknologi Tinggi

Selain itu, konsumen juga perlu melakukan pengecekan ketinggian air radiator pada tangki reservoir (cadangan), apabila volume cairan berkurang segera tambah cairan pada radiator. 

Selanjutnya, periksa kondisi tutup radiator. Pastikan agar radiator tertutup rapat dan tidak penyok guna menghindari kebocoran pada tangki radiator. Periksa jalur dan selang radiator tidak ada kebocoran. Cek kondisi sirip-sirip radiator, apabila kotor segera bersihkan. 

Halaman Selanjutnya
img_title