Polemik Al Zaytun Mencuat di Tahun Politik, Mahfud MD Angkat Bicara

Menko Polhukam, Mahfud MD
Sumber :
  • Viva

Indramayu, VIVA Jatim – Polemik yang terjadi di Pondok Pesantren Al Zaytun Indramayu mencuat saat mendekati tahun politik di 2024 mendatang. Hal ini pun menjadi atensi Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan HAM (Menkopolhukam) RI, Mahfud MD

Ngaku Dirinya Mantan Cawapres Ganjar, Ini Ucapan Terima Kasih Mahfud MD ke Relawan di Tiktok

Karena mendekati tahun politik, Mahfud menyebut akan terus mendalami polemik tersebut. Salah satunya berkoordinasi dengan tim investigasi yang dibentuk Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil terkait polemik di Ponpes Al Zaytun. 

Sebab, kata Mahfud, Gubernur RK berjanji akan menuntaskan polemik Ponpes Al Zaytun secara cepat. Sejumlah pihak mulai dari Kementerian Agama, Kementerian Dalam Negeri, hingga Polri akan dilibatkan.

Mahfud MD Nilai Kurang Tepat Program Makan Siang Gratis Masuk APBN 2025

"Ini tahun politik, kita akan memilah mana yang hukum, yang politik dan yang politisasi situasi. Tapi, kita akan bekerja cepat. Insyaallah pekan depan kita sudah punya bahan dan akan segera membicarakannya dengan Menag, Mendagri, Polri dan institusi lainnya," kata Mahfud dalam unggahan Twitternya @mohmahfudmd, dikutip dari VIVA, Jumat, 23 Juni 2023. 

Sejauh ini, pihaknya telah menggelar rapat Eselon I lintas kementerian dan lembaga di Kementerian Polhukam bersama Majelis Ulama Indonesia (MUI) untuk membahas polemik tersebut. Rapat digelar pada Rabu, 21 Juni 2023 lalu.

Diisukan Renggang dengan Ganjar Pranowo Usai Pemilu 2024, Begini Penjelasan Mahfud MD

"Selanjutnya kita akan memilah mana yang terkait dengan pembinaan pesantren yang santri-santrinya harus dijaga dan mana yang terkait dengan pelanggaran hukum pidana," tambah Mahfud.

"Kita akan mendalami posisi dan peran ponpes sebagai lembaga pendidikan dan oknum yang terlibat dalam pengelolaan," tandasnya. .

Halaman Selanjutnya
img_title