Jelang Idul Adha 1444 H, Gubernur Khofifah Tinjau Kesiapan Rumah Potong Hewan

Gubernur Khofifah tinjau langsung Rumah Potong Hewan di Surabaya
Sumber :
  • Viva Jatim/Nur Faishal

Surabaya, VIVA Jatim – Menjelang Idul Adha 1444 H, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa meninjau kesiapan Rumah Potong Hewan (RPH) Halal  Pegirian, Surabaya, Sabtu 24 Juni 2023.

Respons Mas Dhito Masuk Bursa Cawagub dari PDIP Pendamping Khofifah

Tidak hanya meninjau kesiapan hewan kurban yang akan disembelih, Gubernur Khofifah memastikan langsung peralatan yang nanti digunakan untuk menyembelih hewan kurban. Selain itu, ia memastikan keberadaan juru sembelih halal di RPH Pegirian Surabaya. 

Selanjutnya, Gubernur Khofifah meninjau ruang potong hewan yang dalam keadaan bersih, bahkan dilengkapi lafal basmalah di sisi kanan kiri tembok. Tujuannya, agar para penyembelih senantiasa mengingat untuk mengucap basmalah sebelum proses penyembelihan. 

Khofifah Belum Lirik PKB Maju di Pilgub Jatim, Cak Imin: Kalau Daftar Kita Sambut

"Kami mengepresiasi bahwa di sini hewannya sehat, didampingi dokter hewan, dan juga sudah ada juleha (juru sembelih halal)  yang bersertifikat," katanya.

Khofifah pun memuji kinerja RPH Halal Pegirian atas perhatian yang mereka berikan pada hewan kurban. Hewan kurban yang telah dibeli atau disediakan oleh RPH diletakkan di ruang terbuka yang terlindung dari matahari, dengan pakan yang memadai dan terjaga kebersihannya.

Lantik 23 PPIH Embarkasi Surabaya, Pj Gubernur Adhy: Komitmen Maksimalkan pelayanan

Bahkan, RPH ini mendatangkan tim dokter hewan dari Universitas Airlangga Surabaya untuk memantau kesehatan para hewan.

"Luar biasa yang saya lihat karena sapi dan kambing yang sudah dibeli, atau yang disediakan disini, disiapkan makanannya dan dipantau oleh dokter hewan sampai dengan saat penyembelihan hewan kurban nanti. Melihat RPH ini, kita bisa membangun komitmen bersama bahwa hewan ternak juga harus diperlakukan dengan baik," ujar Khofifah. 

Halaman Selanjutnya
img_title