Polda Jatim Luncurkan 'Si Centing Jawi Wetan', Aplikasi Peduli Stunting Beragam Manfaat

Kombes Pol dr Erwin Zainul Hakim Tunjukkan Apliaksi Si Centing
Sumber :
  • Nur Faishal/Viva Jatim

Jatim –Polda Jawa Timur (Jatim) meluncurkan aplikasi terkait dengan permasalahan stunting yakni Si Centing (Sistem Informasi Cegah Stunting Jawa Timur) Jawi Wetan. Aplikasi ini digagas oleh Bidang Kedokteran dan Kesehatan (Biddokkes) Polda Jatim.

Nobar Timnas Indonesia Vs Uzbekistan U-23 di Polda Jatim, ada Dangdutan Hingga Banjir Doorprize

"Alhamdulillah, atas petunjuk bapak Kapolda Jatim, kita meluncurkan layanan aplikasi Si Centing Jawi Wetan yang merupakan aplikasi yang terintegrasi dan bersifat holistik dalam penanganan stunting dengan basic Rumah Sakit Bhayangkara," ujar Kabid Dokkes Polda Jatim Kombes Pol dr Erwin Zainul Hakim pada Selasa, 27 Juni 2023.

Menurut mantan Kabiddokkes Polda NTB ini,masalah stunting dapat dilihat dari hulu dan hilir,mulai dari faktor penyebab hingga solusi atau penangganan yang perlu di berikan. Dalam aplikasi ini juga tersedia layanan informasi dan konsultasi bagi masyarakat,khususnya yang mengalami stunting.

Penetapan Pemenang Pilpres 2024, 4 Ribu Lebih Personel Disiagakan

"Aplikasi ini mendigitalisasi proses proses yang di lakukan di pos yandu menjadi semudah proses-proses digital. Orang cukup menimbang dan memasukkan data habis itu tahu tabelnya dimana,kemudian hasilnya akan di baca dan di evaluasi oleh dokter gizi dan dokter anak,"ujarnya.

Selain itu, dalam aplikasi ini juga menyediakan layanan untuk pasien bertemu atau datang ke RS Bhayangkara. 

Bahan Petasan 1 Kg Hancurkan Rumah di Bangkalan, 1 Tewas 2 Luka-luka

Tahapnnya adalah usai mendapatkan penilaian dari RS Bhayangkara bisa masuk dalam program Hospital Parenting Stunting. Yakni rumah sakit akan memberikan pelayanan holistik keseluruhan mulai dari pemeriksaan kesehatan,pengobatan,terapi,pemberian makanan tambahan bahkan pemberian santunan bagi keluarganya jika di rasa perlu.

"Diharapkan dengan upaya yang kecil dengan basic RS Bhayangkara,kebetulan ada 8 rumah sakit di Jawa Timur, kita berharap secara bertahap dapat membantu terkait masalah stunting dengan melakulan evaluasi tiga bulan sekali agar program ini dapar berjalan secara simultan,"katanya.

Halaman Selanjutnya
img_title