Gempa di Yogyakarta Sebabkan Ratusan Rumah di Jawa Timur Alami Kerusakan

Ratusan Rumah di Jawa Timur Alami Kerusakan
Sumber :
  • Viva.co.id

Surabaya, VIVA Jatim-Gempa bumi berkekuatan Magnitudo 6,4 yang melanda Bantul, Yogyakarta, Jumat, 30 Juni 2023 kemarin merembet ke ratusan rumah warga di kawasan Jawa Timur

Dina Tia, Mahasiswi KPI UINSA Surabaya Jadi Duta Ekowisata Jatim 2024

Diketahui, dampak paling besar terjadi di kampung halaman Presiden RI Keenam, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), di Kabupaten Pacitan. Ratusan rumah di Jawa Timur rusak akibat guncangan gempa Yogyakarta

Sementara, di Kabupaten Ponorogo, Trenggalek, Tulungagung, dan Blitar, total sebanyak 216 unit rumah rusak ringan, 20 unit rumah rusak sedang, dan empat unit rumah rusak berat, akibat gempa Yogyakarta. Beberapa fasilitas umum di empat kabupaten itu juga terdampak. 

Wujudkan Pemilu Aman, Pj Gubernur Adhy Karyono Raih PWI Jatim Award

“Sembilan unit fasilitas umum rusak ringan, tiga unit tempah usaha rusak ringan, satu unit tempat usaha rusak berat dan satu unit gudang. Serta tidak ada korban jiwa pada bencana alam ini,” ujar Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jatim, Gatot Soebroto, Sabtu, 1 Juli 2023.

Sedangkan di Pacitan sebanyak 23 unit rumah mengalami kerusakan ringan, 18 unit rumah rusak sedang, dan satu unit rumah mengalami rusak parah.

PMII Jatim Serukan Inisiatif Perdamaian Global di Momen Harlah ke-64

Ada juga, lanjut Gatot, fasilitas umum di Pacitan yang mengalami kerusakan. Data sementara, sebanyak enam unit kantor pertanahan mengalami kerusakan, kantor Kecamatan Pacitan, SDN 2 Punjung, dan RSUD. 

“Ada juga tempat usaha rusak ringan di Sidoharjo,” katanya. 

Halaman Selanjutnya
img_title