Imigrasi Ponorogo Amankan 5 Orang Diduga Terlibat Sindikat Perdagangan Ginjal Internasional

Kadiv Keimigrasian Kanwil Kemenkumham Jatim Hendro Tri Prasetyo
Sumber :
  • Humas Kemenkumham Jatim

Ponorogo, VIVA JatimKantor Imigrasi Ponorogo mengamankan lima orang yang diduga terlibat sindikat perdagangan ginjal internasional. Mereka diamankan saat mengurus penerbitan dokumen perjalanan atau paspor.

Blak-blakan, Shin Tae-yong Akui Indonesia U-23 Kesulitan Tatap Piala Asia U-23

Hal itu disampaikan oleh Kadiv Keimigrasian Kanwil Kemenkumham Jatim Hendro Tri Prasetyo saat konferensi pers di Kantor Imigrasi Ponorogo, sore tadi Rabu, 5 Juli 2023.

“Lima orang yang diamankan, dua diantaranya diduga sebagai korban yang akan menjual ginjalnya, sedangkan tiga lainnya diduga punya peran masing-masing dalam sindikat yang menyalurkan korban,” ujarnya. 

Jokowi Dijadwalkan Hadiri Rapimnas Relawan Samawi di Istora Senayan, Bakal Rekomendasi Capres ?

Penangkapan lima orang itu berawal dari proses wawancara dalam rangka penerbitan paspor di Kantor Imigrasi Ponorogo pada Selasa 4 Juli 2023. Saat itu, sekitar pukul 9.30 WIB, dua orang berinisial MM asal Buduran, Sidoarjo dan SH asal Tangerang Selatan diwawancarai oleh petugas imigrasi.

“Saat proses wawancara, keduanya mengaku membutuhkan paspor untuk liburan ke Malaysia,” urai Hendro.

Seleb TikTok Luluk Nuril Minta Maaf ke Siswi yang Dibentak, Berakhir Damai

Namun, keduanya menunjukkan gelagat yang mencurigakan. Keduanya tidak memberikan keterangan yang meyakinkan petugas.

Pada kesempatan pertama di pagi hari, keduanya tidak bisa menunjukkan berkas-berkas yang diminta petugas. Sehingga, pada sore hari sekitar pukul 15.00 WIB, keduanya kembali lagi ke Kantor Imigrasi Ponorogo dengan harapan petugas lengah.

Halaman Selanjutnya
img_title