Harga Bawang Merah Anjlok saat Panen Raya di Kabupaten Nganjuk, Ini Harapan Petani

Bawang Merah di Kabupaten Nganjuk
Sumber :
  • Haafidh Nur SY/Viva Jatim

Nganjuk, VIVA Jatim –Datangnya panen raya bawang merah di Kabupaten Nganjuk kembali diikuti terjadinya penurunan harga.

Selama Libur Lebaran, Satlantas Polres Nganjuk Siapkan Bengkel Keliling Gratis Layani Pemudik

Bila sebelumnya harga bawang merah berada di kisaran Rp 27.000 per kilogram, saat ini turun menjadi Rp 15.000 per kilogram tergantung besar dan kecilnya.

Salah satu petani bawang merah sekaligus pengepul di Desa Ngluyu, Kecamatan Ngluyu, Kabupaten Nganjuk, Parlan mengatakan turunnya harga bawang merah saat panen raya seperti saat ini tidak bisa dihindari. Kondisi tersebut seolah menjadi tradisi setiap datang panen raya bawang merah.

Mentan Minta Bulog Tak Beli Gabah Petani di Bawah Harga HPP

"Petani hanya bisa pasrah dengan harga bawang merah saat ini, dan hanya bisa berharap dalam sebulan kedepan harga bisa naik seiring dengan proses pengeringan bawang merah selesai," kata Parlan saat dihubungi VIVA Jatim, Sabtu 8 Juli 2023.

Dikatakan Parlan, turunya harga bawang merah sekarang ini disebabkan adanya pasokan bawang merah dari luar Nganjuk di Pasar Sukomoro yang lebih murah sehingga tidak adanya pembeli bawang merah lokal.

Geger Penggelembungan Suara oleh Oknum PPK dan Panwaslu di Nganjuk, PKB Desak Bawaslu Investigasi

Di samping itu, lanjut Parlan, petani nekat memanen bawang merah meski belum genap usia 60 hari. Hal Hal itu menjadi pukulan kedua bagi petani bawang merah yang melakukan panen raya sekarang ini.

"Makanya, panen raya bawang merah kali ini terpaksa kami lakukan untuk mengejar harga yang semakin turun dari hari ke hari," ucap Parlan.

Halaman Selanjutnya
img_title