Ikut KIPP 2023, Bupati Mojokerto Paparkan Terobosan Pelayanan Publik di Bidang Ekonomi

Bupati Mojokerto Paparkan Terobosan Pelayanan Publik
Sumber :
  • M. Lutfi Hermansyah/Viva Jatim

Mojokerto, VIVA Jatim- Bupati Mojokerto, Ikfina Fahmawati memberikan pemaparan tentang inovasi pelayanan publik Kabupaten Mojokerto, yang telah diterapkan dalam Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) 2023.

Survei KPK, Skor Integritas 2023 Pemkab Mojokerto Naik di Atas Nasional

Acara ini diikuti sedikitnya 514 Kabupaten/Kota di seluruh Indonesia yang diadakan secara daring. Dalam kesempatan itu, Bupati Ikfina didampingi Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Mojokerto Iwan Abdillah, di Command Center, Pemkab Mojokerto, Selasa 11 Juli 2023 siang.

Dalam pemaparannya saat sesi wawancara, Bupati Ikfina menjelaskan inovasi unggulan yang telah dilakukan dalam bidang ekonomi, yakni Aplikasi Tumbas versi Mobile, yang digagas oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Mojokerto. 

Kasus DBD Melonjak, Forkopimda Mojokerto Fogging Serentak di 18 Kecamatan

Inovasi-inovasi tersebut bertujuan untuk meningkatkan penjualan Industri Kecil Menengah (IKM) di bumi Majapahit ini. 

"Selain itu, aplikasi marketplace Tumbas tersebut, juga berfungsi untuk pengendalian inflasi serta membantu konsumen dalam pemenuhan kebutuhan keluarga," jelasnya. 

Tak Jadi ke Ikfina, Golkar Alihkan Dukungan ke Gus Barra di Pilbub Mojokerto

Aplikasi Marketplace Tumbas ini, lanjut Ikfina, merupakan hasil penyempurnaan. sebelumnya sudah diluncurkan aplikasi Tumbas ( Transaksi Produk Unggulan, Mojokerto Berkualitas) dan hanya bisa diakses melalui laman resmi di www.tumbas.mojokertokab.co.id.

"Jadi untuk mempermudah pedagang maupun masyarakat umum dalam lakukan jual beli di pasar digital, maka kami sempurnakan aplikasi tersebut, masyarakat bisa langsung menggunakan aplikasi 'Tumbas' dimana saja, dengan cara mengunduh aplikasi tersebut di Play Store melalui telepon pintar berbasis android," katanya.

Halaman Selanjutnya
img_title