Mahfud MD Bongkar Habis Panji Gumilang, Ada Hubungan dengan NII Kartosoewirjo

Mahfud MD saat hadir dalam acara Halaqah Ulama Nasional, 12 Juli 2023
Sumber :
  • Nur Faishal/Viva Jatim

Lamongan, VIVA Jatim –Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD menyebut bahwa Panji Gumilang dan Pondok Pesantren (Ponpes) Al Zaytun merupakan rentetan dari gerakan Darul Islam dan NII (Negara Islam Indonesia) yang dicetuskan oleh Kartosoewirjo.

Santri Pesantren di Lamongan Diduga Dianiaya Teman, Tangan-kaki Diikat Lalu Dibanting

Hal itu diungkapkan Mahfud MD dalam Halaqah Ulama Nasional, yang digelar di Pesantren Sunan Drajat Lamongan pada Rabu, 12 Juli 2023.

Mahfud MD menjelaskan secara rinci bahwa di masa awal kemerdekaan Indonesia, banyak pejuang dari kalangan Islam yang terpinggirkan dan tidak tertampung dalam tata kelola pemerintahan.

Pancing Amarah Warga Madura, 3 Konten Kreator Film Guru Tugas Ditangkap Polisi

Menurutnya, hal itu impact dari politik pendidikan yang diwariskan oleh Pemerintah Hindia Belanda yang cenderung diskriminatif. Hanya kalangan Islam yang punya ijazah-lah yang bisa masuk ke pemerintahan.

"Pejuang, anak-anak muda, dan tokoh Islam banyak yang tidak tertampung dalam tugas-tugas di pemerintahan negara baru. Kemudian banyak kalangan Islam yang memutuskan untuk kembali ke pesantren dan fokus dalam mendidik santrinya. Tapi ada juga yang marah karena tidak tertampung,"ungkapnya.

6 Syarat Murid agar Mendapatkan Ilmu Menurut Sayyidina Ali

Selain itu, lanjutnya, kalangan Islam yang tersisihkan dalam tata kelola negara baru Indonesia menimbulkan kemarahan sebagian kalangan Islam, salah satunya adalah Kartosoewirjo yang kemudian mendirikan Darul Islam atau Negara Islam Indonesia (NII).

"Perjuangan yang dilakukan Kartosoewirjo untuk mendirikan Negara Islam Indonesia sebenarnya terus berlanjut, masih ada ekornya sampai sekarang, hingga sekarang ada ribut-ribut soal Panji Gumilang. Jadi Panji Gumilang dulu induknya adalah Negara Islam Indonesia," katanya.

Halaman Selanjutnya
img_title