Blak-blakan, Mahfud MD Bongkar Sejumlah Aliran Dana ke Panji Gumilang

Mahfud MD saat hadir dalam acara Halaqah Ulama Nasional, 12 Juli 2023
Sumber :
  • Nur Faishal/Viva Jatim

Surabaya, VIVA Jatim – Masih soal polemik Pondok Pesantren (Ponpes) Al Zaytun, Indramayu, Jawa Barat. Kali ini, Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan HAM (Menko Polhukam), Mahfud MD membongkar sejumlah aliran dana yang masuk ke Panji Gumilang, pimpinan Ponpes Al Zaytun.

Menko Polhukam: Situasi Usai Pemilu 2024 Masih Aman Terkendali

Mahfud MD secara tegas menyebut bahwa dugaan pencucian uang yang dilakukan oleh Panji Gumilang berasal dari dana bos hingga Gubernur NII. Dana yang masuk dan keluar dari rekening itu, menurut Mahfud sangat mencurigakan.

"Ada uang uang masuk ke situ (rekening Panji Gumilang) sangat mencurigakan, dan dikeluarkan juga sangat mencurigakan. Dana bos masuk ke rekening itu, ada juga dana yang pengirimnya namanya gubernur NII masuk uang ke situ," kata Mahfud MD dikutip dari VIVA, Kamis, 13 Juli 2023.

Hasil Pemilu 2024 Diumumkan 20 Maret Mendatang, Menko Polhukam: Masih Tetap, Belum Ada Perubahan

Mahfud mengatakan, Panji Gumilang memiliki 360 rekening bank dan 145 lainnya telah berhasil dibekukan karena terindikasi pencucian uang. Bahkan ia menemukan sebanyak 295 sertifikat tanah hak milik (SHM) atas nama Panji Gumilang, Istri dan anaknya.

"Pesantren Al Zaytun dengan Raden Panji Gumilang itu mempunyai 360 rekening bank, 145 rekening kami bekukan 2 hari yang lalu karena dugaan pencucian uang. Kemarin kami menemukan 295 sertifikat tanah hak milik (SHM). 295 yang SHM-nya atas nama Panji Gumilang, anak dan istrinya," katanya.

Ngaku Dirinya Mantan Cawapres Ganjar, Ini Ucapan Terima Kasih Mahfud MD ke Relawan di Tiktok

Dengan temuan tersebut, kata Mahfud, Panji Gumilang harus benar-benar ditindak tegas oleh pihak berwenang karena adanya dugaan pencucian uang di dalam rekeningnya.

Seluruh dana yang terindikasi pencucian uang itu mulanya memang kekayaan yayasan, namun masuk ke rekening pribadi Panji Gumilang.

Halaman Selanjutnya
img_title