Founder Zumba Community Sidoarjo Ajak Perempuan Sadar Kanker Serviks Dikemas dengan Olahraga Zumba

Activity Zumba Party
Sumber :
  • Viva Jatim/A Toriq A

Sidoarjo, VIVA Jatim – Dilihat dari data di laman web kementerian kesehatan, sejenis kanker yang 99,7% disebabkan oleh human papilloma virus (HPV) menempati di urutan tinggi dengan jumlah 36.633 kasus atau 9,2% dari total kasus kanker di Indonesia. Dengan begitu kanker serviks menjadi momok perempuan Indonesia.

Termurah se Indonesia, Skrining Kanker Serviks lewat Urine 275 Ribu di Tulungagung

Namun, kesadaran wanita indonesia sangat rendah dalam memeriksa organ intimnya melalui skrining kanker serviks (Global Cancer Observatory) sangat minim, yakni 5% dari total pengidap kanker serviks. Alasan rendahnya pendeteksian dini tersebut dikarenakan ketidaknyamanan dalam proses pemeriksaan.

Kampanye pendeteksian kanker serviks sejak dini pun digencarkan oleh aktivis kanker. Salah satunya oleh Founder Zumba community sidoarjo, Anita Damayanti.

Deteksi Dini Kanker Serviks Sudah 10 Ribu Sampel Lewat Test Urine

Ia pun mengajak para wanita untuk aware terhadap diri sendiri, khususnya yang berkaitan dengan kanker. Langkah terdekat untuk kampanye penanggulangan kanker serviks, pihaknya pun menggelar event talkshow terkait penyakit kelamin itu beserta pencegahannya yang dikemas dengan activity zumba party sebelumnya. 

Acara ini di laksanakan pada hari Minggu 16 Juli 2023 pagi di Kahuripan Nirwana. Aktivitas ini bertujuan agar para wanita khususnya yang ada di Kabupaten Sidoarjo.

5 Gejala Kanker Serviks, Nomor 3 Sering Terjadi saat Hubungan Intim

"Harapannya tidak ada lagi wanita yang enggan untuk melakukan deteksi dini kanker serviks karna semakin cepat terdeteksi, maka lebih cepat dan mudah juga untuk ditangani," kata Anita.

Untuk narasumber acara tersebut, pihaknya mendatangkan dr. Nur Aini. Dia akan menjelaskan perihal kanker serviks mulai dari pencegahan hingga penanganannya. Demi mengingatkan para perempuan untuk memiliki kesadaran dan secara rutin memeriksakan kesehatan.

Halaman Selanjutnya
img_title