Termurah se Indonesia, Skrining Kanker Serviks lewat Urine 275 Ribu di Tulungagung

Petugas memeriksa sampel di Laboratorium Mikrobiologi RSUD dr Iskak.
Sumber :
  • Viva Jatim/Madchan Jazuli

Tulungagung, VIVA JatimKanker Serviks masih menjadi momok bagi perempuan setelah kanker payudara. Skrining awal Kanker Serviks saat ini sudah bisa menggunakan PCR dengan bahan urine, di Tulungagung hanya Rp 275 ribu termurah se-Indonesia.

Bayi Kembar Siam di Tulungaung Tercover BPJS, dari Sebelum hingga Usai Operasi

Kepala Instalasi Mikrobiologi RSUD dr Iskak Tulungagung, dr Rendra Bramanti mengungkapkan bahwa model ini di Jawa Timur yang kedua, setelah Balai Besar Laboratorium Kesehatan (BBLK) Surabaya yang bisa memeriksa kanker serviks menggunakan urine.

"Setahu kami untuk harga kami yang termurah di Indonesia. Hanya Rp 275 ribu, harga yang murah terjangkau kemarin Pak Direktur (RSUD dr Iskak) dan teman-teman dinas bilang pemeriksaan skrining itu harus yang murah," ujar dr Rendra Bramanti kepada awak media, Jum'at, 20 Oktober 2023.

Bayi Kembar Siam di Tulungagung Dioperasi Pemisahan Tunggu 8-10 Bulan

Ia mengungkapkan harga sekian jauh lebih murah ketimbang di Jakarta, Bandung, Makasar yang berkisar antara 400 ribu sampai 800 ribu. dr Rendra melanjutkan kesehatan masyarakat harus difasilitasi dengan harga murah.

"Jika terjangkau saja masih enggan dan takut untuk skrining awal, apalagi mahal," ulasnya.

Usai Pembagian Honor, Ini Penyebab Petugas Linmas TPS di Tulungagung Meninggal Dunia

Dokter Spesialis Mikrobiologi ini menuturkan bahwa harga asli operasional pemeriksaan di angka 400 ribu. Itu belum ongkos

tenaga yang meneliti di laboratorium, ongkos listrik dan lain-lain. 

Halaman Selanjutnya
img_title