Korban Penipuan Online, Saldo Nasabah BRI Malang Rp549 Juta Raib

Ilustrasi penipuan online
Sumber :
  • Istimewa

Malang, VIVA Jatim – Nasib kurang baik tengah dialami Irwan Gema (67), salah satu nasabah BRI Cabang Kota Malang yang uangnya raib dari rekening. Diketahui, uang Rp549 juta itu hilang setelah pemilik mengklik tautan link PDF yang dikirim lewat aplikasi perpesanan WhatsApp.

Cara Kirim File Ukuran Besar Lewat WhatsApp, Seratus Persen Berhasil!

Pemimpin Kantor Cabang BRI Kota Malang, Ronaldo Nasution, menyesalkan kejadian itu. Hingga nasabahnya menjadi korban dari kejahatan penipuan online. Ia pun telah melakukan investigasi atas pengadian Irwan Gema.

"BRI sangat menyesalkan kejadian tersebut, dimana yang bersangkutan merupakan korban tindak kejahatan penipuan online atau social engineering," katanya, dikutip dari VIVA, Senin 17 Juli 2023.

5 Tips Cerdas Sambut Mudik Lebaran 2024

Ronaldo mengatakan hal itu bisa terjadi sebab sang nasabah membocorkan data transaksi perbankan berupa kode OTP yang bersifat pribadi dan rahasia pada pihak yang tidak bertanggung jawab.

"Modus penipuan tersebut dilakukan melalui aplikasi yang tidak resmi atau bodong yang diinstall korban, dan membuat korban dengan sadar memberikan persetujuan untuk mengizinkan aplikasi bodong tersebut mengakses aplikasi SMS," tuturnya.

2 Agen BRI Link di Lamongan Dirampok Pria Bersenpi, Pelaku Pura-pura Jadi Nasabah

Menurutnya kejahatan perbankan tersebut dapat terjadi karena data transaksi perbankan berupa kode OTP yang bersifat pribadi dan rahasia dikirimkan melalui SMS. Alhasil, transaksi perbankan dapat berjalan sukses.

"BRI berempati atas hal tersebut, namun demikian bank hanya akan melakukan penggantian kerugian kepada nasabah apabila kelalaian diakibatkan oleh sistem perbankan," jelasnya.

Halaman Selanjutnya
img_title