Sandiaga Uno Bakal Jadikan Wisata Religi di Jombang Terkoneksi, Diharapkan Serap Jutaan Tenaga Kerja

Menparekraf Sandiaga Uno
Sumber :
  • Viva.co.id

Jombang, VIVA Jatim-Menparekraf  RI, Sandiaga Salahuddin Uno berencana menginterkoneksikan wisata religi yang ada di 4 Pondok Pesantren di Jombang Jawa Timur. Tujuan dari terkoneksinya wisata religi dan sejumlah tempat wisata di Kabupaten Jombang adalah tercipta lapangan kerja. Harapannya mampu menyerap jutaan tenaga kerja.

Bus Pahala Kencana Hangus Terbakar di Tol Jombang-Mojokerto

Ditemui di Pondok Pesantren (ponpes) Tambakberas, Sandiaga Uno mengaku mendapat cerita bahwa banyak sejarah perjuangan yang ditorehkan oleh para pahlawan nasional di Jombang. Mereka semua berasal dari santri dan para kiai.  

"Dan saya dititipkan rencana yang luar biasa. Untuk menghubungkan makam-makam pahlawan kita ini, untuk wisata religi. Yang nantinya akan membuka peluang usaha dan lapangan kerja," kata Sandiaga, Sabtu 15 Juli 2023.

Menengok Kemegahan Masjid Agung Darussalam Mojokerto yang Kini Berusia 131 Tahun

Sandiaga mengatakan, wisata religi nantinya akan dibiayai oleh ABPD dan APBN. Usulan ini baru dia terima saat kunjungan ke Jombang hari ini.

"Difasilitasi Pemkab, dan pemerintah pusat. Jadi nanti ada APBD dan non APBD nya. Sedang kami akan kembangkan. Karena baru tadi kami menerima usulan dari Sekda dan Ibu Bupati, ini kami harap bisa diwujudkan," ujar Sandiaga.

Perusahaan Tak Bayar hingga Cicil THR, Sederet Sanksi Berat Menanti!

Sandiaga menyebut wisata religi merupakan masa depan dari ribuan santri di Jombang. Namun potensi ini belum terfasilitasi secara maksimal. 

"Karena selama ini wisata religi banyak peminatnya. Tapi kita belum memfasilitasinya dengan optimal," tutur Sandiaga.

Halaman Selanjutnya
img_title