Ribuan Orang Iringi Jenazah Kiai Abdullah Munif Langitan Tuban, Jalan Nasional bak Lautan Manusia

Ribuan Orang Iringi Jenazah Kiai Abdullah Munif Langitan
Sumber :
  • Nur Faishal/ Viva jatim

Tuban, VIVA Jatim–Warga Nahdlatul Ulama dan masyarakat santri di Jawa Timur, berduka. Musababnya, Pengasuh Pondok Pesantren Langitan, Tuban, KH Abdullah Munif Marzuqi, wafat pada Kamis, 20 Juli 2023. 

Pemkot Surabaya Gandeng Kampus NU Unusa Kelola Bozem dan Taman di Tenggilis

Proses pemakaman almarhum pada Jumat, 21 Juli 2023, diikuti ribuan santri dan masyarakat. Jalan nasional di Tuban pun bak lautan manusia. Informasi wafatnya Kiai Abdullah tersebar secara luas, termasuk di jejaring Grup WhatsApp. 

Beberapa saat setelah Kiai Abdullah mengembuskan napas terakhir. Video lautan manusia di jalan nasional Babat-Tuban yang mengiringi prosesi pemakaman almarhum juga viral di media sosial. 

Menderita Penyakit Ginjal, Tahanan Kasus KDRT di Tuban Meninggal Dunia di Rumah Sakit

Maklum, lokasi Pondok Pesantren Langitan berada tak jauh dari jalan nasional di Pantai Utara Tuban. Dalam video yang beredar terlihat ribuan santri dan masyarakat yang mengenakan busana ala santri dengan warna serba putih memenuhi seluruh badan jalan. 

Pengiring jenazah menyemut mengikuti keranda berpenutup kain hijau yang digotong oleh kerabat dan santri almarhum.

Suami Tega Habisi Istrinya dengan Cara Dicekik, Pelaku Malah Coba Bunuh Dirinya

Jenazah Kiai Abdullah awalnya disalatkan di Musala Agung Pondok Pesantren Langitan, sebelum dibawa ke tempat pemakaman. 

“Kawulo saestu, wakil saking keluarga nyuwun dateng poro hadirin, nyuwun saksi dateng panjenengan sedoyo, Almarhum Romo Kiai Abdullah Munif meniko tiang sae nopo tiang sae? (Saya wakil dari keluarga meminta kepada semua yang hadir, meminta saksi kepada kalian semua, Almarhum Romo Kiai Abdullah Munif ini termasuk orang yang baik apa baik?),” kata Gus Zahid. 

Halaman Selanjutnya
img_title