Innalilahi, Imam Besar Masjid Al Akbar Surabaya Wafat di Usia 76 Tahun

Imam Besar Masjid Al Akbar Surabaya Wafat
Sumber :
  • Mukhammad Dhofir /Viva Jatim

Surabaya, Viva Jatim - Kabar duka menyelimuti Masjid Nasional Al Akbar Kota Surabaya. Imam besar sekaligus Profesor Universitas Islam Sunan Ampel (UINSA), Doktor Kiai Haji Muhamad Roem Rowi, meninggal dunia di usia 76 tahun.

Risma Berat Dapat Rekom PDIP Jatim, Said Abdullah Lebih Tertarik ke Khofifah

Beliau wafat di kediaman Wisma Pagesangan VII, Surabaya, Jumat, 11 Agustus 2023, pukul 23.31 WIB. Salat jenazah dipimpin Imam Masjid Al Akbar Surabaya, Kiai Haji Hamid Abdullah, yang turut dihadiri Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa.

Gubernur Khofifah menyampaikan, selama hidupnya almarhum banyak berjasa mengajarkan ilmu Al Quran ke berbagai lembaga pendidikan. Ia pun mengajak masyarakat memanjatkan doa terbaik buat Kiai Haji Roem M Roem Rowi.

Polisi Tangkap 6 Pelaku Tawuran Maut di Surabaya, 2 Diantaranya Masih Anak-anak

Mantan Menteri Sosial ini berharap, ilmu yang telah diwariskan itu menjadi amalan jariyah bagi almarhum.

"Saya salah satu murid langsung dari beliau. Mudah-mudahan beliau dipanggil pada panggilan yang sangat dicintai, Allah dan surga," kata Khofifah melalui keterangan tertulis, Sabtu 12 Agustus 2023.

Pj Gubernur Adhy Apresiasi Peluncuran Layanan Imunoterapi Nusantara RS Bhayangkara Surabaya

Sementara itu, Imam salat jenazah Kiai Haji Ali Aziz dalam kutbah singkatnya sebelum menyalati bilang bahwa kematian merupakan jembatan yang mempertemukan Tuhan Maha Pengasih kepada hamba yang dikasihinya.

"Kita boleh menangis, tapi Ketua atau Direktur Pertama di Masjid Al Akbar, yang juga aktif di Masjid Al Falah, Lembaga Al Hikmah, LPTIQ Al Firdaus Pesantren Gontor dan milik umat itu akan tersenyum, karena bertemu dengan Yang Maha Pengasih," katanya.

Halaman Selanjutnya
img_title